PESAN SEGERA

Dengan 50rb dapatkan : 1 ASKEP atau, 2 SAP+2Leaflet, atau 2 Artikel, atau 3 Askep Persentation dan Terima Pesanan

Sunday, November 26, 2017

PENTINGNYA KENTUT (FLATUS) UNTUK KESEHATAN

Kapevi Hatake | 3:06 PM |
PENTINGNYA KENTUT (FLATUS) UNTUK KESEHATAN


APA ITU KENTUT (FLATUS)?
Kentut terjadi karena gas yang telah dihasilkan di saluran pencernaan akan dikeluarkan melalui anus. Kentut memang menjijikan dan jorok. Meski demikian, kentut ternyata penting bagi kesehatan. Kentut berasal dari gas-gas yang terdapat di dalam usus. Gas-gas ini berasal dari udara yang tertelan saat makan atau minum dan dari hasil pencernaan makanan yang tidak sempurna di dalam usus. Produksi gas di dalam usus biasanya akan meningkat setelah makan. Gas yang terbentuk akan dibawa menuju rektum (bagian akhir dari usus) melalui gerakan peristaltik usus yang juga membawa sisa pencernaan (feses). Gas dan feses yang telah mencapai rektum akan menimbulkan keluhan berupa rasa tidak nyaman di sekitar perut dan mulas. Selanjutnya, kentut akan dikeluarkan melalui anus secara tidak sengaja ketika sudah tidak dapat lagi menahan tekanan gas di dalam rektum.

APA SAJA KANDUNGAN KENTUT (FLATUS)?
Bau tak sedap kentut berasal dari gas yang mengandung sulfur, seperti metanatiol, hidrogen sulfida, dan dimetil sulfida. Bisa juga berasal dari sejumlah besar bakteri di dalam usus dan adanya feses yang tertahan di dalam rektum. Menahan kentut akan membuat perut tidak nyaman akibat peningkatan tekanan gas dan pelebaran usus yang abnormal. Kentut yang ditahan dapat menyebabkan seseorang sulit untuk buang air besar.

SUMBER KENTUT (FLATUS)?
Salah satu sumber kentut adalah bakteri. Fermentasi bakteri dan proses pencernaan memprodusi panas, hasil sampingnya adalah gas busuk. Ukuran gelembung gas lebih kecil, hangat, dan jenuh dengan produk metabolisme bakteri yang berbau busuk. Ini kemudian menjadi kentut, walau hanya kecil volumenya, tapi SBD (Silent But Deadly). Kerasnya bunyi tergantung pada kecepatan gas. Kentut diproduksi rata-rata setengah liter sehari dalam 14 kali kentut.

PENTINGNYA KENTUT BAGI KESEHATAN?
Dari sisi kesehatan, kentut mengidentifikasikan aktivitas usus yang baik. Seseorang yang baru menjalani operasi dengan bius total perlu menunggu hingga kentut sebelum dirinya diizinkan dokter untuk makan dan minum. Kentut sering dijadikan petunjuk oleh dokter dan petugas kesehatan bahwa fungsi usus telah kembali normal.

REFERENSI
Sopyan, Danang Irawan. 2012. Benar-benar Unik, Tapi Nyata: 1100++ Fakta Unik dan Menakjubkan. Jakarta: Puspa Swara.
Harefa, Andrias. 2012. Seni Memengaruhi orang dengan tawa huahahaha. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

No comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search