PESAN SEGERA

Dengan 50rb dapatkan : 1 ASKEP atau, 2 SAP+2Leaflet, atau 2 Artikel, atau 3 Askep Persentation dan Terima Pesanan

Thursday, January 11, 2018

KONSEP TUMBUH KEMBANG ANAK PADA USIA INFANT (0-1 TAHUN)

DUNIA KEPERAWATAN | 8:20 AM |
KONSEP TUMBUH KEMBANG ANAK PADA USIA INFANT (0-1 TAHUN)


a.    Pertumbuhan
Pertumbuahan (growth) berkaitan dengan masalah perubahan dalam besar, jumlah, ukuran, dimensi tingkat sel, organ maupun individu. Hal ini dapat diukur denagn ukuran berat (gram, pound, kilogram), ukuran panjang (Centimeter, meter), umur tulang dan keseimbangan metabolic (Retensi kalium dn nitrogen tubuh) (Soetjiningsih, 2004: 1)
 1)      Karakter Fisik Pertumbuhan pada usia 0-1 tahun Betz, Cecily, (2002: 538).
Usia 0 sampai 6 bulan
a) Berat badan
(1)Berat badan akan menjadi dua kali lipat pada usia 6 bulan.
(2)Berat badan bayi bertambah kira-kira 0,6 kg per bulan, (2n+8)
b)    Panjang badan
(1)Panjang badan rata-rata saat berumur 6 bulan adalah 65 cm.
(2)Panjang badan meningkat dengan kecepatan 2,5 cm per tahun.
c)    Lingkar kepala
(1)Lingkar kepala mencapai 42,5 cm pada usia 6 bulan.
(2)Lingkar kepala meningkat 1,25 cm per bulan.
Usia 6 sampai 12 bulan
a)    Berat badan
(1) Berat badan menjadi tiga kali lipat pada usia satu tahun.
(2) Perkiraan berat badan pada usia 1 tahun adalah 10 kg
(3) Bayi menambah berat badanya 0,45 kg per bulan.
b)   Panjang badan
(1)Bagian tubuh yang mengalami pertumbuhan terpesat ialah badan.
(2)Bayi bertumbuh 1,25 cm per bulan.
(3)Panjang badan total meningkat 50% pada usia 1 tahun
c)    Lingkar kepala
(1)Lingkar kepala meningakat 0,6 cm per bulan
(2)Lingkar kepala pada usia 1 tahun adalah 50 cm.
b.   Perkembangan
Perkembangan (development) bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalm pola yang teratur dan dapat diramalkan, sebagai hail dari proses pematangan. Disini menyangkut adnya proses diferesiasi dari sel-sel tubuh, jaringan tubuh, organ-organ dan system organ yang berkembang sedemikian rupa sehinga masing-masing dapat memenuhi fungsinya. Termasuk juga perkembangan emosi, intelektual, dan tingkah laku, sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya. (Soetjiningsih, 2004: 1)
 1)   Perkembangan pada anak 0-1 tahun menurut Betz, Cecily L, (2002: 539)
(a)  Motorik kasar
Usia 1 sampai 4 bulan
a)    Meningkat kepala saat tengkurap
b)   Dapat duduk sebentar dengan ditopang
c)    Dapat duduk dengan kepala tegak
d)   Jatuh terduduk di pangkuan ketika disokong pada posisi berdiri
e)    kontrol kepala sempurna
f)    Mengangkat kepala sambil berbaring terlentang
g)   Berguling dari terlentang ke miring
h)   Posisi lengan dan tungkai kurang fleksi
i)     Berusaha untuk mengangkat
Usia 4 sampai  8 bulan
a)    Menahan kepala tegak terus-menerus
b)   Berayun ke depan dan ke belakang
c)    Berguling dari terlentang ke tengkurap
d)   Dapat duduk dengan bantuan selama interval singkat
Usia 8 sampai 12 bulan
a)    Duduk dari posisi tegak tanpa bantuan
b)    Dapat berdiri tegak dengan bantuan
c)    Menjelajah
d)   Berdiri tegak tanpa bantuan walaupun hanya sebentar
e)    Membuat posisi merangkak
f)     Merangkak
g)    Berjalan dengan bantuan
(b) Perkembangan motorik halus
Usia 1 sampai 4 bulan
a)    Melakukan usaha yang bertujuan untuk memegang suatu objek
b)   Mengikuti objek dari sisi ke sisi
c)    Mencoba memegang benda tapi terlepas
d)   Memasukan benda ke dalam mulut
e)    Mempertahankan tangan dan kaki
f)    Memegang benda dengan kedua tangan menahan benda di tangan walaupun hanya sebentar
Usia 4 Sampai 8 Bulan
a)    Menggunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk memegang
b)   Mengekplorasi benda yang sedang dipegang
c)    Mengambil objek dengan tangan tertungkup
d)   Mampu menahan kedua benda dikedua tangan secara stimulant
e)    Menggunakan bahu dan tangan sebagai satu kesatuan
f)    Memindahkan objek dari satu tangan ke tangan yang lain
Usia 8 sampai 12 Bulan
a)    Melepas objek dengan jari lurus
b)   Mampu menjepit objek
c)    Melambaikan tangan
d)   Menggunakan tangannya untuk bermain
e)    Menempatkan objek kedalam wadah
f)    Makan biskuit sendiri
g)   Minum dari cangkir dengan bantuan
h)   Menggunakan sendok dengan bantuan
i)     Makan dengan jari
j)     Memegang krayon dan membuat coretan-coretan diatas kertas
(c)  Perkembangan Sensoris
Usia 0 sampai 1 bulan
a)    Membedakan rasa manis dan asam
b)   Menarik diri dari stimulus yang menyakitkan
c)    Membedakan bau mampu mendeteksi bau ibu
d)   Memalingkan kepala dari bau yang tidak disukai
e)    Membandingakan bunyi berdasarakan perbedaaan nada, frekuensi dan durasi
f)    Berespon terhadap perubahan cahaya
g)   Mulai dapat melacak objek tetapi mudah juga kehilangan objek tersebut
h)   Lebih berfokus pada wajah manusia dibandingkan benda-benda lain yang ada dalam satu lapang pandang
i)     Mempunyai ketajaman penglihatan 20/400- mampu berfokus  pada objek yang berada pada jarak 20 cm
j)     Terdiam jika mendengar bunyi suara
 Usia 1 sampai 4 bulan
a)    Membeda-bedakan wajah dan suara ibu dari suara-suara perempuan lain
b)   Menunjukan pelakan visual yang akurat
c)    Membeda-bedakan antara pola penglihataan
d)   Membedakan wajah-wajah yang dikenal dan tidak dikenal
Usia 4 sampai 8 bulan
a)    Berespons terhadapa perubahan warna
b)   Mengikuti objek dari garis tengah ke samping.
c)    Mengikuti objek dalam berbagai arah
d)   Mencoba mencari sumber bunyi
e)    Berusaha mengkoordinasikan tangan-mata
f)     Indra penciuman sudah berkembang dengan baik
g)   Mencapai batas ketajaman penglihatan dewasa
h)   Berespon terhadap suara yang tidak terlihat
i)      Menunjukan pilihan rasa
Usia 8-12 bulan
a)    Persepsi ke dalam telah meningkat
b)   Mengenali namanya sendiri
(d) Perkembangan kognitif (Tahap Sensorimotor)
Usia 0 sampai 1 bulan
a)    Perilaku involunter
b)   Refleksi primer
c)    Orientasi austik
d)   Tidak ada konsep baik diri sendiri maupun orang lain.
Usia 1 sampai 4 bulan
a)    Perilaku  refleksi secara berharap digantikan dengan gerakan volunter
b)   Aktivitas berpusat disekitar tubuh
c)    Membuat usaha awal untuk mengulang atau menirukan tindakan
d)   Banyak menunjukan perilaku trial and eror
e)    Berusaha memodifikasi perilaku
Usia 8 sampai 12 Bulan
a)    Mengantisifasi kejadian sebagai sesuatu yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
b)   Menunjukan tingkat kegawatan pada kesenjangan perilaku
c)    Menujukan perilaku yang mengarah pada tujuan
d)   Membuktikan kepermanenan objek
e)    Mencari objek-objek yang hilang
f)     Dapat mengikuti sejumlah besar tindakan
g)   Memahami arti dari kata-kata dan perintah sederhana
h)   Menghubungkan sikap dan perilaku dengan simbol
i)      Menjadi lebih mandiri dengan figur keibuan
(e)  Perkembangan Bahasa
Usia sampai 1 bulan
a)    Mendekut
b)   Membuat suara seperti huruf hidup
c)    Membuat suara merengek ketika sedang kesal
d)   Membuat suara berdeguk ketika sedang kenyang
e)    Tersenyum sebagai respon terhadap pembicaraan orang dewasa
Usia 1 sampai 4 bulan
a)    Bersuara dan tersenyum
b)   Dapat membuat bunyi huruf hidup
c)    Bersuara
d)   Berceloteh
Usia 4 sampai 8 bulan
a)    Menggunakan vokalisasi yang semakin banyak
b)   Mengunakan kata-kata yang terdiri dari dua suku kata (“buu-buu”)
c)    Dapat membuat dua bunyi vocal kesamaan (“baba”)
Usia 8 sampai 12 bulan
a)    Mengucapkan kata-kata pertama
b)   Menggunakan bunyi, mengidentifikasi objek, orang dan aktivitas
c)    Menurunkan berbagai bunyi kata
d)   Dapat mengucapkan serangkaian suku kata
e)    Memahami arti larangan seperti “jangan”
f)      Berespons terhadap panggilan dan orang-orang yang merupakan anggota  keluarga dekat
g)   Menujukan infleksi kata-kata yang nyata
h)   Menggunkan tiga kosakata
i)     Menggunakan kalimat satu kata
2)   Perkembangan Psikoseksual Pada Anak 0-1 tahun (Tahap Oral) Betz, Cecily L, (2002: 539)
a)    Tugas perkembangan, gratifikasi kebutuhan dasar (makanan, kehangatan, dan kenyataan) yang dipenuhi oleh pemberi asuhan yang primer
b)   Krisis perkembangan, penyapihan, bayi dipaksa untuk menghentuikan kesenangannya untuk minum ASI atau menyusu dari botol
c)    Keterampilan koping yang umum, menghisap, menamgis, mendekut, berceloteh, memukul, dan bentuk perilaku lainnya sebagai respon terhadap iritan
d)   Kebutuhan seksual, menggeneralisata sensasi tubuh yang menyenangkan, , meskipun berfokus pada kebutuhan oral, bayi mendapatkan kesenangan fisik dari digendong, ditimang, diayun, dan menghisap.
e)    Bermain, stimulasi taktil diberikan melalui aktivitas pengasuhan
3)   Perkembangan Psikososial (Percaya Vs tidak Percaya) Pada Anak 0-1 tahun Betz, Cecily L, (2002: 539)
a)    Tugas perkembangan, perkembangan rasa percaya terhadap pemberi asuhan primer
b)   Krisis perkembangan, disapaih dari ASI atau susu botol
c)    Bermain, interaksi dengan pemberi asuhan membentuk dasar-daar perkembangan hubungan dikemudian hari
d)   Peran orang tua, bayi merumuskan sikap dasar terhadap kehidupan berdasarkan pengalamannya bersama orang tua, orang tua dapat dianggap sebagai seseorang yang dapat dipercaya, konsisten, selalu ada, dan penyayang (rasa percaya) atau sebagai kebalikannya yang negative (rasa tidak percaya)
4)   Perilaku Sosialisasi Pada Anak 0-1 tahunBetz, Cecily L, (2002: 539)
Usia 8 sampai 12 bulan
a)    Bermain permainan yang sederhana
b)   Menangis jika dimarahi
c)    Membuat permintaan sederhana dengan gaya tubuh
d)   Menunjukan peningkatan ansietas terhadap perpisahan
e)    Lebih menyukai figure pemberi asuhan daripad orang dewasa lainnya
f)    Mengenali anggota keluarga
5)   Perkembangan moral Pada Anak 0-1 tahun Betz, Cecily L, (2002: 539)
Perkembangan moral tidak dimulai sampai usia toddler, ketika kognitf awal sudah mulai muncul.
6)   Perkembangan kepercayaan Pada Anak 0-1 tahu Betz, Cecily L, (2002: 539)

Rasa percaya dan interaksi dengan pemberi asuhan membentuk dasar untuk perkembangan kesetiaan selanjutnya

TERIMAKASIH

Baca Juga Informasi lainnya:
4.      MENGENAL GIZI BURUK, GIZI SEIMBANG DAN PERAWATAN ANAK GIZI BURUK: http://macrofag.blogspot.co.id/2017/09/mengenal-gizi-buruk-gizi-seimbang-dan.html

Perlu DAFTAR PUSTAKA?? Silahkan Coment dibawah dan sertakan alamat email
SEMOGA  BERMANFAAT

2 comments:

  1. BUTUH DAFTAR PUSTKA
    EMAIL : riniliana00@std.unissula.ac.id

    ReplyDelete
  2. Easy "water hack" burns 2 lbs OVERNIGHT

    Well over 160k women and men are hacking their diet with a simple and SECRET "liquid hack" to drop 2 lbs each and every night while they sleep.

    It's simple and it works on everybody.

    Here's how to do it yourself:

    1) Get a drinking glass and fill it up half full

    2) And now learn this weight losing hack

    and you'll become 2 lbs lighter as soon as tomorrow!

    ReplyDelete

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search