a. Pertumbuhan
Pertumbuahan (growth)
berkaitan dengan masalah perubahan dalam besar, jumlah, ukuran, dimensi tingkat
sel, organ maupun individu. Hal ini dapat diukur denagn ukuran berat (gram,
pound, kilogram), ukuran panjang (Centimeter, meter), umur tulang dan
keseimbangan metabolic (Retensi kalium dn nitrogen tubuh) (Soetjiningsih, 2004:
1)
1)
Karakter Fisik Pertumbuhan pada usia 0-1 tahun Betz, Cecily, (2002:
538).
Usia 0 sampai 6 bulan
a) Berat badan
(1)Berat badan akan menjadi dua kali lipat pada usia
6 bulan.
(2)Berat badan bayi bertambah kira-kira 0,6 kg per
bulan, (2n+8)
b)
Panjang badan
(1)Panjang badan rata-rata saat berumur 6 bulan
adalah 65 cm.
(2)Panjang badan meningkat dengan kecepatan 2,5 cm
per tahun.
c)
Lingkar kepala
(1)Lingkar kepala mencapai 42,5 cm pada
usia 6 bulan.
(2)Lingkar kepala meningkat 1,25 cm per bulan.
Usia 6 sampai 12
bulan
a)
Berat badan
(1) Berat
badan menjadi tiga kali lipat pada usia satu tahun.
(2) Perkiraan berat badan pada usia 1 tahun adalah 10 kg
(3) Bayi menambah berat badanya 0,45 kg per bulan.
b)
Panjang badan
(1)Bagian
tubuh yang mengalami pertumbuhan terpesat ialah badan.
(2)Bayi bertumbuh 1,25 cm per bulan.
(3)Panjang badan total meningkat 50% pada usia 1
tahun
c)
Lingkar kepala
(1)Lingkar kepala meningakat 0,6 cm per bulan
(2)Lingkar kepala pada usia 1 tahun adalah 50 cm.
b. Perkembangan
Perkembangan (development)
bertambahnya kemampuan (skill) dalam
struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalm pola yang teratur dan dapat
diramalkan, sebagai hail dari proses pematangan. Disini menyangkut adnya proses
diferesiasi dari sel-sel tubuh, jaringan tubuh, organ-organ dan system organ
yang berkembang sedemikian rupa sehinga masing-masing dapat memenuhi fungsinya.
Termasuk juga perkembangan emosi, intelektual, dan tingkah laku, sebagai hasil
interaksi dengan lingkungannya. (Soetjiningsih, 2004: 1)
1) Perkembangan pada anak 0-1
tahun menurut Betz, Cecily L, (2002: 539)
(a) Motorik kasar
Usia 1 sampai 4
bulan
a)
Meningkat kepala saat tengkurap
b)
Dapat duduk sebentar dengan
ditopang
c)
Dapat duduk dengan kepala tegak
d)
Jatuh terduduk di pangkuan
ketika disokong pada posisi berdiri
e)
kontrol kepala sempurna
f)
Mengangkat kepala sambil
berbaring terlentang
g)
Berguling dari terlentang ke
miring
h)
Posisi lengan dan tungkai
kurang fleksi
i)
Berusaha untuk mengangkat
Usia 4 sampai 8 bulan
a)
Menahan kepala tegak
terus-menerus
b)
Berayun
ke depan dan ke belakang
c)
Berguling dari terlentang ke
tengkurap
d)
Dapat
duduk dengan bantuan selama interval singkat
Usia 8 sampai 12
bulan
a)
Duduk
dari posisi tegak tanpa bantuan
b)
Dapat berdiri tegak dengan
bantuan
c)
Menjelajah
d)
Berdiri tegak tanpa bantuan
walaupun hanya sebentar
e)
Membuat posisi merangkak
f)
Merangkak
g)
Berjalan dengan bantuan
(b) Perkembangan motorik
halus
Usia 1 sampai 4
bulan
a)
Melakukan usaha yang bertujuan
untuk memegang suatu objek
b)
Mengikuti
objek dari sisi ke sisi
c)
Mencoba memegang benda tapi
terlepas
d)
Memasukan benda ke dalam mulut
e)
Mempertahankan tangan dan kaki
f)
Memegang benda dengan kedua
tangan menahan benda di tangan walaupun hanya sebentar
Usia 4 Sampai 8 Bulan
a)
Menggunakan ibu jari dan jari
telunjuk untuk memegang
b)
Mengekplorasi benda yang sedang
dipegang
c)
Mengambil objek dengan tangan
tertungkup
d)
Mampu
menahan kedua benda dikedua tangan secara stimulant
e)
Menggunakan
bahu dan tangan sebagai satu kesatuan
f)
Memindahkan
objek dari satu tangan ke tangan yang lain
Usia 8 sampai 12 Bulan
a)
Melepas objek dengan jari lurus
b)
Mampu menjepit objek
c)
Melambaikan tangan
d)
Menggunakan tangannya untuk
bermain
e)
Menempatkan objek kedalam wadah
f)
Makan biskuit sendiri
g)
Minum dari cangkir dengan
bantuan
h)
Menggunakan sendok dengan
bantuan
i)
Makan dengan jari
j)
Memegang
krayon dan membuat coretan-coretan diatas kertas
(c) Perkembangan Sensoris
Usia 0 sampai 1
bulan
a)
Membedakan rasa manis dan asam
b)
Menarik
diri dari stimulus yang menyakitkan
c)
Membedakan bau mampu mendeteksi
bau ibu
d)
Memalingkan kepala dari bau
yang tidak disukai
e)
Membandingakan bunyi
berdasarakan perbedaaan nada, frekuensi dan durasi
f)
Berespon terhadap perubahan
cahaya
g)
Mulai dapat melacak objek
tetapi mudah juga kehilangan objek tersebut
h)
Lebih berfokus pada wajah
manusia dibandingkan benda-benda lain yang ada dalam satu lapang pandang
i)
Mempunyai ketajaman penglihatan
20/400- mampu berfokus pada objek yang
berada pada jarak 20 cm
j)
Terdiam jika mendengar bunyi
suara
Usia 1 sampai 4 bulan
a)
Membeda-bedakan wajah dan suara
ibu dari suara-suara perempuan lain
b)
Menunjukan pelakan visual yang
akurat
c)
Membeda-bedakan antara pola
penglihataan
d)
Membedakan wajah-wajah yang
dikenal dan tidak dikenal
Usia 4 sampai 8 bulan
a)
Berespons terhadapa perubahan
warna
b)
Mengikuti objek dari garis
tengah ke samping.
c)
Mengikuti objek dalam berbagai
arah
d)
Mencoba mencari sumber bunyi
e)
Berusaha mengkoordinasikan
tangan-mata
f)
Indra penciuman sudah berkembang dengan baik
g)
Mencapai batas ketajaman
penglihatan dewasa
h)
Berespon terhadap suara yang
tidak terlihat
i)
Menunjukan pilihan rasa
Usia 8-12 bulan
a)
Persepsi ke dalam telah
meningkat
b)
Mengenali namanya sendiri
(d) Perkembangan kognitif
(Tahap Sensorimotor)
Usia 0 sampai 1
bulan
a)
Perilaku involunter
b)
Refleksi primer
c)
Orientasi austik
d)
Tidak
ada konsep baik diri sendiri maupun orang lain.
Usia 1 sampai 4 bulan
a)
Perilaku refleksi secara berharap digantikan dengan
gerakan volunter
b)
Aktivitas berpusat disekitar
tubuh
c)
Membuat
usaha awal untuk mengulang atau menirukan tindakan
d)
Banyak
menunjukan perilaku trial and eror
e)
Berusaha memodifikasi perilaku
Usia 8 sampai 12
Bulan
a)
Mengantisifasi kejadian sebagai
sesuatu yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
b)
Menunjukan
tingkat kegawatan pada kesenjangan perilaku
c)
Menujukan perilaku yang
mengarah pada tujuan
d)
Membuktikan kepermanenan objek
e)
Mencari objek-objek yang hilang
f)
Dapat mengikuti sejumlah besar tindakan
g)
Memahami
arti dari kata-kata dan perintah sederhana
h)
Menghubungkan
sikap dan perilaku dengan simbol
i)
Menjadi lebih mandiri dengan figur keibuan
(e) Perkembangan Bahasa
Usia sampai 1 bulan
a)
Mendekut
b)
Membuat suara seperti huruf
hidup
c)
Membuat
suara merengek ketika sedang kesal
d)
Membuat
suara berdeguk ketika sedang kenyang
e)
Tersenyum
sebagai respon terhadap pembicaraan orang dewasa
Usia 1 sampai 4 bulan
a)
Bersuara dan tersenyum
b)
Dapat membuat bunyi huruf hidup
c)
Bersuara
d)
Berceloteh
Usia 4 sampai 8
bulan
a)
Menggunakan vokalisasi yang
semakin banyak
b)
Mengunakan
kata-kata yang terdiri dari dua suku kata (“buu-buu”)
c)
Dapat
membuat dua bunyi vocal kesamaan (“baba”)
Usia 8 sampai 12
bulan
a)
Mengucapkan kata-kata pertama
b)
Menggunakan
bunyi, mengidentifikasi objek, orang dan aktivitas
c)
Menurunkan berbagai bunyi kata
d)
Dapat mengucapkan serangkaian
suku kata
e)
Memahami arti larangan seperti
“jangan”
f)
Berespons terhadap panggilan dan orang-orang
yang merupakan anggota keluarga dekat
g)
Menujukan infleksi kata-kata
yang nyata
h)
Menggunkan tiga kosakata
i)
Menggunakan kalimat satu kata
2) Perkembangan Psikoseksual
Pada Anak 0-1 tahun (Tahap Oral) Betz, Cecily L, (2002: 539)
a)
Tugas perkembangan, gratifikasi
kebutuhan dasar (makanan, kehangatan, dan kenyataan) yang dipenuhi oleh pemberi
asuhan yang primer
b)
Krisis perkembangan,
penyapihan, bayi dipaksa untuk menghentuikan kesenangannya untuk minum ASI atau
menyusu dari botol
c)
Keterampilan koping yang umum,
menghisap, menamgis, mendekut, berceloteh, memukul, dan bentuk perilaku lainnya
sebagai respon terhadap iritan
d)
Kebutuhan seksual,
menggeneralisata sensasi tubuh yang menyenangkan, , meskipun berfokus pada
kebutuhan oral, bayi mendapatkan kesenangan fisik dari digendong, ditimang,
diayun, dan menghisap.
e)
Bermain, stimulasi taktil
diberikan melalui aktivitas pengasuhan
3) Perkembangan Psikososial
(Percaya Vs tidak Percaya) Pada Anak 0-1 tahun Betz, Cecily L, (2002: 539)
a)
Tugas perkembangan,
perkembangan rasa percaya terhadap pemberi asuhan primer
b)
Krisis perkembangan, disapaih
dari ASI atau susu botol
c)
Bermain, interaksi dengan
pemberi asuhan membentuk dasar-daar perkembangan hubungan dikemudian hari
d)
Peran orang tua, bayi
merumuskan sikap dasar terhadap kehidupan berdasarkan pengalamannya bersama
orang tua, orang tua dapat dianggap sebagai seseorang yang dapat dipercaya,
konsisten, selalu ada, dan penyayang (rasa percaya) atau sebagai kebalikannya
yang negative (rasa tidak percaya)
4) Perilaku Sosialisasi Pada Anak 0-1 tahunBetz, Cecily L, (2002: 539)
Usia 8 sampai 12
bulan
a)
Bermain permainan yang
sederhana
b)
Menangis jika dimarahi
c)
Membuat
permintaan sederhana dengan gaya tubuh
d)
Menunjukan peningkatan ansietas
terhadap perpisahan
e)
Lebih menyukai figure pemberi
asuhan daripad orang dewasa lainnya
f)
Mengenali anggota keluarga
5) Perkembangan moral Pada
Anak 0-1 tahun Betz, Cecily L, (2002: 539)
Perkembangan moral tidak dimulai sampai usia toddler,
ketika kognitf awal sudah mulai muncul.
6) Perkembangan kepercayaan
Pada Anak 0-1 tahu Betz, Cecily L, (2002: 539)
Rasa percaya dan interaksi dengan pemberi asuhan
membentuk dasar untuk perkembangan kesetiaan selanjutnya
TERIMAKASIH
Baca Juga Informasi lainnya:
1.
LEAFLET
TUMBUH KEMBANG ANAK: http://macrofag.blogspot.co.id/2014/05/leaflet-tumbuh-kembang-anak.html
2.
NORMALKAH
TUMBUH KEMBANG ANAK ANDA??: http://macrofag.blogspot.co.id/2017/12/sudah-normalkah-tumbuh-kembang-anak-anda.html
3.
LEAFLET
KEBUTUHAN NUTRISI ANAK: http://macrofag.blogspot.co.id/2017/09/leaflet-kebutuhan-nutrisi-anak.html
4.
MENGENAL GIZI BURUK, GIZI
SEIMBANG DAN PERAWATAN ANAK GIZI BURUK: http://macrofag.blogspot.co.id/2017/09/mengenal-gizi-buruk-gizi-seimbang-dan.html
5.
LEAFLET ANAK
KURANG GIZI: http://macrofag.blogspot.co.id/2014/12/leaflet-anak-kurang-gizi.html
6.
SAP TUMBUH
KEMBANG ANAK: http://macrofag.blogspot.co.id/2013/05/satuan-acara-penyuluhan-sap-tumbuh.html
7.
PERAWATAN
ANAK GIZI KURANG DIRUMAH: http://macrofag.blogspot.co.id/2013/05/perawatan-anak-dengan-gizi-kurang-di.html
8.
SAP NUTRISI 4
SEHAT 5 SEMPURNA: http://macrofag.blogspot.co.id/2013/03/sap-nutrisi-smpat-sehat-lima-sempurna.html
Perlu DAFTAR PUSTAKA?? Silahkan Coment dibawah dan sertakan alamat email
SEMOGA BERMANFAAT
BUTUH DAFTAR PUSTKA
ReplyDeleteEMAIL : riniliana00@std.unissula.ac.id
Easy "water hack" burns 2 lbs OVERNIGHT
ReplyDeleteWell over 160k women and men are hacking their diet with a simple and SECRET "liquid hack" to drop 2 lbs each and every night while they sleep.
It's simple and it works on everybody.
Here's how to do it yourself:
1) Get a drinking glass and fill it up half full
2) And now learn this weight losing hack
and you'll become 2 lbs lighter as soon as tomorrow!