SATUAN ACARA PENYULUHAN
1.
Pokok bahasan :
Tumbuh Kembang Anak
2.
Subpokok bahasan :
-
3.
Tempat :
4.
Waktu : 20 menit
5.
Hari/Tanggal :
6.
Sasaran :
7.
Penyuluh :
8.
Tujuan
a.
Tujuan Umum
Setelah diberikan
penyuluhan selama 1x20 menit, klien mampu mengerti dan memahami tentang masalah
tumbang anak.
b.
Tujuan Khusus
Setelah diberikan
penyuluhan selama 1x20 menit klien dapat:
1. Menyebutkan
pengertian pertumbuhan dan perkembangan dengan benar.
2. Menyebutkan
2 dari 3 tahap-tahap oertumbuhan dan perkembangan yang dialami.
3. Menjelaskan
kembali faktor-faktor yang mempengaruhi tumbang
4. Menyebutkan
2 dari setiap fase perkembangan.
9.
Metode :
Ceramah, diskusi
10.
Media :
Lembar balik, leaflet
11.
Sumber :
Modul KIE untuk ibu/keluarga balita di kota
Sukabumi
tahun
2004.
12.
Materi :
a. Pengertian
tumbuh Kembang
b. Tahap-tahap
pertumbuhan dan perkembangan yang dialami
c. Faktor-faktor
yang mempengaruhi tumbang
d. Fase
perkembangan pada anak
13.
Kegiatan Penyuluhan
Waktu
|
Tahap kegiatan
|
K e g i a t an
|
|
Penyuluh
|
Sasaran
|
||
5 menit
|
Pembukaan
|
|
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
|
|
10 menit
|
Evaluasi/ penutup
|
|
|
14.
Evaluasi
a. Prosedur
: Post test
b. Bentuk : Lisan
c. Jenis : Verbal
d. Butir
Pertanyaaan
1.
Jelaskan Pengertian tumbuh Kembang!
2.
Sebutkan 2 dari 3 Tahap-tahap pertumbuhan dan
perkembangan yang dialami!
3.
Jelaskan Faktor-faktor yang mempengaruhi tumbang!
4.
Jelaskan 2 dari setiap Fase perkembangan pada anak!
Lampiran Materi
KONSEP DASAR TUMBANG ANAK
1.
Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan
Tumbang
merupakan dua proses yang saling berkaitan dan sulit untuk dipisahkan.
Pertumbuhan
Yaitu
yang berkaitan dengan masalah perubahan dalam besar jumlah, ukuran yang bisa
diukur dengan ukuran berat (gram, pounds, Kg), ukuran panjang (milimeter,
centimeter, meter). Contoh : BB, TB, PB.
Perkembangan
Akibatnya
kemampuan / skill/ kemampuan dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih
kompleks dalam polay / teratur. Sebagai hasil dari proses kematangan.
Pertumbuhan berdampak pada aspek fisik.
2.
Tahap-tahap Pertumbuhan dan Perkembangan
Anak
Proses Pertumbuhan yang Dialami
Pertumbuhan
paling cepat terjadi pada masa bayi adalah sejak ia lahir sampai berumur 1
tahun. Hal ini terlihat dari pertumbuhan BB saat bayi umur 6 bulan BB nya 2x
lipat dari BB saat lahir dan usia 12 bulan BB nya + 3x lipat dari BB waktu
lahir.
Proses Perkembangan yang Dialami
F
Perkembangan Motorik
Perkembangan
yang berhubungan dengan kemampuan duduk, berjalan, melompat, menulis, mengambil
sesuatu.
F
Perkembangan Bahasa
Berhubungan
dengan kemampuan mendengar, mengerti dan menggunakan bahasa.
F
Perkembangan Sosial
Untuk
berhubungan dengan orang lain, contoh : bermain dengan teman.
3.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tumbang
Faktor Genetik
Faktor
keturunan sangat menentukan kualitas dan kuantitas pertumbuhan. Contoh : jenis
kelamin, suku bangsa.
Faktor Lingkungan
F
Sebelum Hamil (Prenatal)
Gizi
ibu waktu hamil, obat-obatan yang dikonsumsi, penyakit yang diderita saat
hamil, trauma (cedera) yang pernah dialami ketika hamil, contoh :
terjatuh/kecelakaan stress, pekerjaan yang terlalu berat.
F
Post Natal
(Setelah Lahir)
Ras,
jenis kelamin, umur, gizi, perawatan kesehatan, penyakit kronis, cuaca dan
musim, sanitasi, kebersihan rumah, stimulasi, motivasi orang tua, cara mendidik
dan sosok keluarganya.
4.
Fase Perkembangan dan Pertumbuhan Anak
Dari Lahir sampai 3 Bulan
-
Belajar mengangkat kepala.
-
Belajar mengikuti objek dengan matanya.
-
Melihat ke muka orang dengan tersenyum.
-
Bereaksi terhadap suara/bunyi.
-
Melihat ibunya dengan penglihatan, penciuman,
pendengaran dan komtak.
-
Menahan barang yang dipengannya.
Dari 3 sampai 6 Bulan
-
Mengangkat kepala 90 derajat dan mengangkat dada dengan
tangan.
-
Mulai belajar meraih benda-benda yang ada dalam
jangkauannya atau di luar jangkauannya.
-
Menaruh benda-benda di mulut.
-
Berusaha memperluas lapangan pandangan.
-
Tertawa dan menjerit karena gembira bila diajak
bermain.
-
Mulai berusaha mencari benda-benda yang hilang.
Dari 6 sampai 9 Bulan
-
Dapat duduk tanpa dibantu.
-
Dapat tengkurep dan berbalik sendiri.
-
Dapat merangkak meraih benda atau mendekati seseorang.
-
Memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lain.
-
Memegang benda kecil dengan ibu jari dan jari telunjuk.
Dari 9 sampai 12 Bulan
-
Dapat berdiri sendiri tanpa dibantu.
-
Dapat berjalan dengan dituntun.
-
Menirukan suara.
-
Mengulang bunyi yang didengarnya.
-
Belajar mengatakan satu atau dua kata.
-
Mengerti perintah sederhana larangan.
Dari 12 sampai 18 bulan
-
Berjalan dan mengeksplorasi rumah sekeliling rumah.
-
Menyusun 2 atau 3 kotak.
-
Dapat mengatakan 5-10 kata.
-
Memperlihatkan rasa cemburu dan rasa bersaing.
Dari 18 sampai 24 bulan
-
Naik turun tangga.
-
Menyusun 6 kotak.sss
-
Menunjuk mata dan hidungnya.
-
Menyusun dua kata.
-
Belajar makan sendiri.
-
Menggambar garis di kertas atau pasir.
Dari 2 sampai 3 Tahun
-
Belajar meloncat, memanjat, melompat, ddengan satu
kaki.
-
Membuat jembatan dengan 3 kotak.
-
Mampu menyusun kalimat.
-
Mempergunakan kata-kata saya, bertanya, mengerti kata-kata
yang ditujukan kepadanya.
Dari 3 sampai 4 Tahun
-
Berjalan-jalan sendiri mengunjungi tetangga.
-
Berjalan pada jari kaki.
-
Belajar berpakaian dan membuka pakaian sendiri.
-
Menggambar garis silang.
-
Menggambar orang hanya kepala dan badan.
-
Mengenal 2 atau 3 warna.
-
Bicara dengan baik.
-
Menyebut namanya, jenis kelamin dan umurnya.
-
Banyak bertanya.
Dari 4 sampai 5 Tahun
-
Melompat dan menari.
-
Menggambar orang terdiri dari kepala, lengan, badan.
-
Menggambar segi tiga dan segi empat.
-
Pandai bicara.
-
Dapat menghitung jari-jarinya.
-
Dapat menyebut hari-hari dalam seminggu.
-
Dapat mencuci tangan tanpa bantuan.
BACA JUGA INFORMASI TERKAIT LAINNYA:
SEPERTI APAKAH TUMBUH KEMBANG ANAK PADA USIA INFANT (0-1 TAHUN): http://macrofag.blogspot.co.id/2018/01/konsep-tumbuh-kembang-anak-pada-usia.html
LEAFLET TUMBUH KEMBANG ANAK: http://macrofag.blogspot.co.id/2014/05/leaflet-tumbuh-kembang-anak.html
NORMALKAH TUMBUH KEMBANG ANAK ANDA?? http://macrofag.blogspot.co.id/2017/12/sudah-normalkah-tumbuh-kembang-anak-anda.html
LEAFLET KEBUTUHAN NUTRISI ANAK: http://macrofag.blogspot.co.id/2017/09/leaflet-kebutuhan-nutrisi-anak.html
MENGENAL GIZI BURUK, GIZI SEIMBANG DAN PERAWATAN ANAK GIZI BURUK: http://macrofag.blogspot.co.id/2017/09/mengenal-gizi-buruk-gizi-seimbang-dan.html
LEAFLET ANAK KURANG GIZI: http://macrofag.blogspot.co.id/2014/12/leaflet-anak-kurang-gizi.html
SAP TUMBUH KEMBANG ANAK: http://macrofag.blogspot.co.id/2013/05/satuan-acara-penyuluhan-sap-tumbuh.html
PERAWATAN ANAK GIZI KURANG DIRUMAH: http://macrofag.blogspot.co.id/2013/05/perawatan-anak-dengan-gizi-kurang-di.html
SAP NUTRISI 4 SEHAT 5 SEMPURNA: http://macrofag.blogspot.co.id/2013/03/sap-nutrisi-smpat-sehat-lima-sempurna.html
------SEMOGA BERMANFAAT-----
No comments:
Post a Comment