PESAN SEGERA

Dengan 50rb dapatkan : 1 ASKEP atau, 2 SAP+2Leaflet, atau 2 Artikel, atau 3 Askep Persentation dan Terima Pesanan

Friday, August 16, 2013

BAB I : Pendahuluan Makalah Penyakit Jantung Koroner (Coronary Artery Disease)

DUNIA KEPERAWATAN | 6:44 AM | | | | |
BAB I
PENDAHULUAN



A.    Latar belakang
Penyakit jantung koroner adalah penyakit jantung yang di sebabkan oleh karena penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah yang mengalirkan darah ke jantung. Penyebab Jantung Koroner adalah pengapuran dinding pembuluh darah. Banyaknya perubahan fisiologis yang terjadi pada wanita hamil nampaknya mempersulit diagnosis kelainan jantung, misalnya bising jantung fisiologis sering ditemukan pada wanita hamil normal.
Kehamilan  menyebabkan terjadinya sejumlah perubahan fisiologis dari sistem kardiovaskuler yang akan dapat ditolerir dengan baik oleh wanita yang sehat, namun akan menjadi ancaman yang berbahaya bagi ibu hamil yang mempunyai kelainan jantung sebelumnya. Tanpa diagnosis yang akurat dan penanganan yang baik maka penyakit jantung dalam kehamilan dapat menimbulkan mortalitas ibu yang signifikan.
Koonin dkk (1997) melaporkan penyakit jantung menjadi penyebab dari 5,6% kematian maternal di Amerika Serikat antara tahun 1987 – 1990. Di RS. Hasan Sadikin angka kematian ibu karena kelainan jantung  pada tahun 1994 – 1998 sebesar 5,4 % ( 2 dari 37 kasus), sedang di RSCM pada tahun 2001 penyakit jantung menyebabkan 10,3% kematian ibu dan merupakan penyebab kematian terbanyak setelah preeklamsi/eklamsi dan perdarahan postpartum.
Penelitian terbaru ini meneliti 150 kasus serangan jantung yang terjadi pada masa kehamilan pada tahun 2005 hingga 2011. Penelitian yang telah dilaporkan ke konferensi American College of Cardiology ini menunjukkan bahwa sepertiga dari kasus serangan jantung yang terjadi pada masa kehamilan disebabkan oleh adanya radang pembuluh darah yang lazim disebutaterosklerosis. Risiko kematian maternal  akan meningkat sampai 25 – 50% pada kasus-kasus dengan hipertensi pulmonal, coartasio aorta, sindroma Marfan yang mengalami komplikasi. Namun penanganan prenatal, intrapartum dan post partum yang baik dapat memberikan hasil yang memuaskan. 
B.     Tujuan Penulisan
1.      Tujuan umum
Mahasiswa dapat mengetahui Asuhan keperawatan penyakit jantung pada kehamilan.
2.      Tujuan Khusus
a.       Mengetahui Definisi Penyakit jantung.
b.      Mengetahui Klasifikasi Penyakit jantung pada kehamilan.
c.       MengetahuiPenatalaksanaan penyakit jantung pada kehamilan.
d.      Mengetahui Penatalaksanaan Tumor tulang.

C.    Sistematika Penulisan
Sistematika dalam penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Terdiri dari latar belakang masalah, tujuan penulisan, dan sistematika penulisan, manfaat
BAB II TINJAUAN TEORITIS
Penjelasan tentang Asuhan keperawatan Penyakit jantung pada kehamilan.
BAB III KESIMPULAN DAN SARAN
Meliputi kesimpulan akhir dari keseluruhan penulisan makalah.

D.    Manfaat
1.      Bagi Mahasiswa
Diharapkan dapat membantu dalam Pengetahuan keperawatan maternitas tentang Asuhan keperawatan penyakit jantung pada kehamilan.


2.      Bagi Institusi Pendidikan
Diharapkan dapat bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan tentang asuhan keperawatan penyakit jantung pada kehamilan

3.      Bagi Penulis
Hasil penulisan makalah ini diharapkan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi penulis khususnya Asuhan keperawatan penyakit jantung pada kehamilan.



No comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search