PESAN SEGERA

Dengan 50rb dapatkan : 1 ASKEP atau, 2 SAP+2Leaflet, atau 2 Artikel, atau 3 Askep Persentation dan Terima Pesanan

Thursday, September 5, 2013

Makalah Etika - Pengertian Deontologi

DUNIA KEPERAWATAN | 10:37 PM | | | | |



Inggris: deontology; dari Yunani deon (keharusan, kewajiban ). Jadi secara harfiah istilah ini semacam “teori tentang kewajiban‘. Deontik kadang-kadang digunakan untuk deontologis. Secara umum deontik menunjukan pada apa saja yang bertalian dengan konsep keniscayaan (keharusan) atau dengan kewajiban (tugas).
1.    Istilah “ Etika Deontologis “ menunjukan sistem-sistem yang sebenarnya tidak ditentukan berdasarkan konsekuensi-konsekuensinya.
2.    Studi tentang konsep kewajiban (tanggung jawab, komitmen) dan konsep-konsep terkait dengan konsep kewajiban.
3.    Deontologi merupakan suatu cabang etika. Ilmu ini bergumul dengan kewajiban, tuntutan dan perintah moral, dan gagasan mengenai kewajiban pada umumnya sebagai keharusan sosial yang khusus bagi etika. Istilah ini diperkenalkan Bentham untuk menunjukan teori etika.
4.    Deontologi dibedakan dari aksiologi- studi tentang nilai, pada umumnya, teori tentang perbaikan dan kejahatan. Kewajiban (sesuatu yang harus dijalankan) mengungkapkan tuntutan-tuntutan hukum-hukum sosial, termasuk kebutuhan-kebutuhan individu dan masyarakat secara keseluruhan.
5.    Dalam arti lebih sempit, deontologi adalah etika profesional para pekerja medis. Etika ini diarahkan untuk menjamin hasil maksimum pengobatan misalnya dengan bantuan psikoterapi, dan menaati etika medis.

DAFTAR PUSTAKA

Ismani Nila. (2001). Etika KeperawatanWidya Medika L: Jakarta.

Kusnanto. (2004). Pengantar Profesi dan Praktek Keperawatan Professional. EGC: Jakarta.


Potter & Perry(2005)Fundamental Keperawatan Konsep, Proses dan Praktek Edisi 4. EGCJakarta.


FILE LENGKAPNYA SILAHKAN HUBUNGI ADMIN



No comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search