PESAN SEGERA

Dengan 50rb dapatkan : 1 ASKEP atau, 2 SAP+2Leaflet, atau 2 Artikel, atau 3 Askep Persentation dan Terima Pesanan

Sunday, March 3, 2013

Artikel Posbindu

DUNIA KEPERAWATAN | 8:46 PM |

BAB I
PENDAHULUAN
A.        LATAR BELAKANG
Pemberdayaan masyarakat adalah sebagai subjek sekaligus objek dari sistem kesehatan. dalam dimensi kesehatan, pemberdayaan merupakan proses yang dilakukan oleh masyarakat (dengan atau tampa campur tangan pihak luar) untuk memperbaiki kondisi lingkungan, sanitasi dan aspek lainnya yang secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh dalam kesehatan masyarakat.
Program pemberdayaan yang akan mempengaruhi kualitas hidup adalah pemberdayaan masyarakat miskin. Faktor ini akan mampu memutuskan ketinggalan rakyat baik dari segi pendidikan, ekonomi maupun kesehatan. Fektor lain yang akan menjamin penguatan daya tawar dan akses guna mendukung masyarakat untuk memperolah dan memamfaatkan input sumber daya yang dapat meningkatkan kegiatan ekonomi adalah melakukan penguatan lembaga dan organisasi masyarakat.
Pembangunan merupakan proses perubahan menuju peningkatan taraf hidup dan kesejahteaan masyarakat. Seberapa jauh proses pembangunan tersebut telah mampu menghasilkan perubahan-perubahan yang membawa dampak pada peningkatan taraf hidup dan kesejahtraan masyarakat, diukur dengan indikator-indikator yang umum bersifat ekonomi.
Rendahnya tingkat perubahan kondisi kehidupan masyarakat melalui kebijakan pemerataan melahirkan paradigma pembangunan yang berpusat pada manusia. Implementasinya tercerminpada pogram-pogram yang secara lansung ditujukan kepada masyarakat lapisan bawah seperti pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat (pangan, sandang, papan, kesehatan, pandidikan) maupun pogram penanggulangan kemiskinan.
Kebijakn paradigma pembangunan yang berpusat pada manusia implementasinya cukup berhasil, namun secara proses terlihat lambat akibat masih adanya intervensi kekuasaan pemerintahan dalam menetapkan prioritas pogram yang diperuntukkan bagi kepentinagn masyarakat dan menguatnya dominasi kekuasaan pemerintah dalam pengololaan paradigma pemberdayaan masyarakat.
B.        Rumusan Masalah
Bagaimanakah konsep Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU)?
C.        Tujuan
Tujuan penyusunan makalah ini adalah agar mendapatkan  informasi  dan pemahaman mengenai konsep Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU).
D.       Metode
Metode yang kami gunakan dalam penulisan makalah ini diantaranya melalui media literatur perpustakaan dan elektronik.
E.        Sistematika
Secara umum makalah ini terbagi menjadi tiga bagian diantaranya; BAB I tentang Pendahuluan, BAB II yang berisi Pembahasan dan BAB III tentang kesimpulan dan saran.


BAB II
PEMBAHASAN
A.        PENGERTIAN
Posbindu menurut Depkes RI (2002) adalah pusat bimbingan pelayanan kesehatan yang dikelola dan diselenggarakan untuk dan oleh masyarakat dengan dukungan teknis dari petugas kesehatan dalam rangka pencapai masyarakat yang sehat dan sejahtera.
Posbindu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan inisiatif dan kebutuhan masyarakat  itu sendiri, khususnya penduduk usia lanjut. Posbindu kependekan dari Pos Pembinaan Terpadu, program ini berbeda dengan Posyandu, karena Posbindu dikhususkan  untuk pembinaan para orang tua baik yang akan memasuki masa lansia maupun yang sudah memasuki lansia (Depkes, 2007).
Posbindu lansia adalah suatu forum komunikasi alih teknologi dan pelayanan bimbingan kesehatan masyarakat oleh dan untuk masyarakat yang mempunyai nilai strategis dalam mengembangkan sumberdaya manusia sejak dini (Effendy, 2001).
B.        TUJUAN POSBINDU
Tujuan diadakannya Posbindu adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan untuk mencapai masa tua yang bahagia dan berguna dalam kehidupan  keluarga dan masyarakat sesuai dengan eksistensinya dalam strata kemasyarakatan. Jadi dengan adanya Posbindu diharapkan adanya kesadaran dari usia lanjut untuk membina kesehatannya serta meningkatkan  peran serta masyarakat termasuk keluarganya dalam mengatasi kesehatan usia lanjut. Fungsi dan tugas pokok Posbindu yaitu membina lansia supaya tetap bisa beraktivitas, namun  sesuai kondisi usianya agar tetap sehat, produktif dan mandiri selama mungkin serta melakukan upaya rujukan bagi yang membutuhkan (Depkes, 2007).
Tujuan pokok dari pelayanan Posbindu adalah :
1.         Memperlambat angka kematian kelompok masyarakat lansia
2.         Meningkatkan pelayanan kesehatan kelompok masyarakat lansia
3.         Meningkatkan kemampuan kelompok masyarakat lansia untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dari kegiatan-kegiatan lain yang menunjang kemampuan hidup sehat.
4.         Pendekatan dan pemerataan pelayan kesehatan pada kelompok masyarakat lansia dalam usa meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan pada penduduk berdasarkan letak geografis.
5.         Meningkatkan pembinaan dan bimbingan peran serta kelompok masyarakat lansia dalam rangka alih teknologi untuk swakelola usaha-usaha kesehatan masyarakat (Effendy, 1998).
 Ketaatan lansia untuk menggunakan sarana kesehatan atau mengikuti program kesehatan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: pengetahuan, sikap, persepsi, perilaku dalam bentuk praktik yang sudah nyata berupa perbuatan terhadap situasi atau rangsangan dari luar (kepercayaan) dan keterjangkauan sarana pelayanan kesehatan. Secara umum perilaku kesehatan seseorang mencakup perilaku terhadap sakit dan penyakit, perilaku terhadap sistem pelayanan kesehatan, maupun perilaku terhadap program kesehatan.
Faktor lain yang mempengruhi perilaku ketaatan seseorang pada kesehatan adalah sebagai berikut: kebutuhan, jumlah dan struktur keluarga, faktor sosial budaya, etnik, jenis kelamin, pendidikan, pendapatan, harga/biaya pelayanan, jarak, persepsi terhadap sarana kesehatan, dan kekuatan pengambilan keputusan (Notoatmodjo, 2003).
Pos Pelayanan Terpadu ( Posyandu )
 Posyandu merupakan jenis UKM yang paling memasyarakatkan dewasa ini. Posyandu yang meliputi lima program prioritas yaitu: KB, KIA, Imunisasi dan penanggulangan Diare. Terbukti mempunyai daya ungkit besar terhadap penurunan angka kematian bayi. sebagai salah satu tempat pelayanan kesehatan masyarakat yang langsung bersentuhan dengan masyarakat level bawah, sebaiknya posyandu digiatkan kembali seperti pada masa orde baru karena terbukti ampuh mendeteksikan permasalahan gizi dan kesehatan di berbagai daerah.permasalahan gizi buruk anak balita, kekurangan gizi, busung lapar dan masalah kesehatan lainnya menyangkut kesehatan ibu dan anak akan mudah dihindari jika posyandu kembali diprogramkan secara menyeluruh .
C.        PEMBENTUKAN POSBINDU
Pada prinsipnya pembentukan Posbindu didasarkan atas kebutuhan  masyarakat usia lanjut tersebut. Ada beberapa pendekatan  yang digunakan  dalam pembentukan posbindu  dimasyarakat sesuai dengan kondisi  dan situasi masing-masing daerah, misalnya  mengambangkan kelompok-kelompok yang sudah ada seperti kelompok pengajian, kelompok jemaat gereja, kelompok arisan usia lanjut dan lain-lain. Pembentukan Posbindu dapat pula menggunakan pendekatan Pembangunan Kesehatan Masyarakat  Desa (PKMD).
Pendekatan PKM merupakan suatu pendekatan yang sudah umum dilaksanakan  dan merupkan pendekatan pilihan yang dianjurkan untuk pembentukan Posbindu baru. Langkah-langkahnya meliputi:
1.         Pertemuan tingkat desa
2.         Survey mawas diri
3.         Musyawarah Masyarakat Desa
4.         Pelatihan kader
5.         Pelaksanaan upaya kesehatan oleh masyarakat
6.         Pembinaan dan pelestarian  kegiatan
D.       KOMPONEN
Posbindu sebagai wadah yang bernuansa pemberdayaan masyarakat, akan berjalan dengan baik dan optimal apabila memenuhi beberapa komponen pokok, yaitu: adanya proses kepemimpinan, terjadinya proses pengorganisasian, adanya anggota  dan kader serta tersedianya  pendanaan.
1.         Kepemimpinan
Posbindu merupakan kegiatan dari, oleh dan untuk masyarakat. Untuk pelaksanaanya memerlukan orang  yang mampu mengurus  dan memimpin penyelenggaraan  kegiatan tersebut  sehingga kegiatan yang dilaksanakan mencapai  hasil yang optimal. Pemimpin Posbindu bisanya berasal dari anggota Posbindu itu sendiri. 
2.         Pengorganisasian
Ciri dari suatu proses pengorganisasian dapat dilihat  dari adanya pembagian tugas, penunjukan kader, jadwal  kegiatan  yang teratur dan sebagainya. Struktur organisasi  Posbindu sedikitnya terdiri dari  Ketua, Sekretaris, Bendahara dan beberapa seksi dan kader.     
3.         Anggota Kelompok
Jumlah anggota kelompok Posbindu berkisar antara 50-100 orang. Perlu  diperhatikan  juga  jarak antara  sasaran dengan lokasi  kegiatan  dalam penentuan  jumlah anggota, sehingga apabila terpaksa  tidak tertutup  kemungkinan anggota  Posbindu kurang dari 50 orang atau lebih dari 100 orang. 
4.         Kader
Jumlah kader di setiap kelompok tergantung pada jumlah anggota kelompok, volume dan jenis kegiatannya, yaitu sedikitnya 3 orang.
5.         Pendanaan
Pendanaan bisa bersumber dari anggota kelompok Posbindu, berupa iuran atau sumbangan anggota atau sumber lain seperti donatur atau sumber lain  yang tidak mengikat.


E.        PELAYANAN KESEHATAN
Pelayaan kesehatan di Posbindu meliputi pemeriksaan kesehatan fisik dan mental emosional. Kartu Menuju Sehat (KMS) Usia Lanjut sebagai alat pencatat dan pemantau untuk mengetahui lebih awal penyakit yang diderita (deteksi dini) atau ancaman masalah  kesehatan yang dihadapi dan mencatat perkembangannya dalam Buku Pedoman Pemeliharaan Kesehatan (BPPK) Usia Lanjut atau catatan kondisi kesehatan  yang lazim digunakan di Puskesmas. Jenis pelayanan kesehatan yang dapat diberikan kepada usia lanjut dikelompok sebagai berikut:
1.         Pemeriksaan aktivitas kegiatan sehari-hari (activity of daily living) melipui kegiatan dasar dalam kehidupan seperti makan/minum, berjalan, mandi, berpakaian, naik turun tempat tidur, buang air besar/kecil dan sebagainya
2.         Pemeriksaan status mental. Pemeriksaan ini berhubungan dengan mental emosional dengan menggunakan pedoman 2 menit
3.         Pemeriksaan status gizi melalui penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan dan dicatat pada grafik Indeks Masa Tubuh (IMT)
4.         Pengukuran tekanan darah dengan tensimeter dan stetoskop serta penghitungan denyut nadi selama 1 menit
5.         Pemeriksaan hemoglobin menggunakan Talquist atau Sahli
6.         Pemeriksaan adanya gula dalam air seni sebagai deteksi awal adanya penyakit gula (diabetes mellitus)
7.         Pemeriksaan adanya protein  dalam air seni sebagai deteksi awal adanya penyakit ginjal
8.         Pelaksanaan rujukan ke Puskesmas bilamana ada keluhan dan atau ditemukan kelainan
9.         Penyuluhan bisa dilakukan di dalam maupun di luar kelompok dalam rangka kunjungan rumah dan konseling kesehatan dan gizi sesuai dengan masalah kesehatan yang dihadapi oleh individu dan atau kelompok usia lanjut
10.    Kunjungan rumah oleh kader disertai petugas bagi  anggota kelompok usia lanjut  yang tidak datang, dalam rangka kegiatan perawatan kesehatan masyarakat  (public health nursing).
11.    Pemberian Pemberian Makanan Tambahan (PMT), penyuluhan contoh menu makanan dengan memperhatikan aspek kesehatan dan gizi usia lanjut serta menggunakan  bahan  makanan yang berasal dari daerah tersebut
12.    Kegiatan olah raga seperti senam lansia, gerak jalan santai dan lain sebagainya untuk meningkatkan kebugaran
F.        SARANA DAN PRASARANA
Untuk kelancaran pelaksanaan Posbindu, dibutuhkan sarana dan prasarana  penunjang  antara lain:
1.         Tempat kegiatan (gedung, ruangan atau tempat terbuka)
2.         Meja dan kursi
3.         Alat tulis
4.         Buku pencatatan kegiatan (buku register buntu)
5.         Kit usia lanjut yang berisi: Timbangan dewasa, meteran pengukur tinggi badan, stetoskop, tensimeter, peralatan laboratorium sederhana termometer
6.         Kartu Menuju Sehat (KMS) usia lanjut
G.        MEKANISME PELAKSANAAN KEGIATAN
Untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima terhadap usia lanjut di kelompok, mekanisme pelaksanaan kegiatan yang sebaiknya digunakan sistem 5 tahapan/5 meja sebagai berikut:
1.         Tahap pertama: Pendaftaran, dilakukan sebelum pelaksanaan pelayanan
2.         Tahap kedua: Pencatatan kegiatan  sehari-hari  yang dilakukan usila, serta penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan
3.         Tahap ketiga: Pengukuran tekanan darah, pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan status mental
4.         Tahap keempat: Pemeriksaan air seni dan kadar darah (laboratorium  sederhana)
5.         Tahap Kelima: Pemberian penyuluhan dan konseling
H.       REKRUTMEN DAN PELATIHAN KADER POSBINDU
Kader sebaiknya berasal  dari anggota kelompok Posbindu sendiri atau dapat saja diambil dari anggota masyarakat lainnya yang bersedia menjadi kader. Adapun persyaratan untuk menjadi kader Posbindu adalah:
1.         Dipilih dari masyarakat dengan prosedur yang disesuaikan dengan kondisi setempat;
2.         Mau dan mampu bekerja secara sukarela;
3.         Bisa membaca dan menulis huruf latin;
4.         Sabar dan memahamil usia lanjut.
I.          MEKANISME PELAKSANAAN
Setelah melakukan Musyawarah Masyarakat Desa dan Musyawarah di tingkat RW, maka panitia mengumumkan secara terbuka tentang rekrutmen kader Posbindu sesuai dengan persyaratan di atas. Jika sampai pada waktu yang ditetapkan masih sedikit, maka panitia bersama pengurus RW melakukan musyawarah kembali untuk menentukan kader Posbindu berdasarkan pertimbangan tokoh masyarakat setempat.
Setelah rekrutmen kader Posbindu selesai, maka dilanjutkan dengan penyelenggaraan pelatihan kader Posbindu dengan materi pelatihan meliputi:
1.         Pengelolaan dan Pengorganisasian Posbindu
2.         Surveilans hipertensi (survey mawas diri)
3.         Prosedur deteksi dini hipertensi dan komplikasinya
4.         Penatalaksanaan hipertensi dan komplikasinya
5.         Pencegahan hipertensi
6.         Pertolongan pertama kedaruratan penyakit kardiovaskuler dan serebrovaskuler
J.          KEGIATAN POSBINDU
Kegiatan posyandu lebih di kenal dengan sistem lima meja yang, meliputi :
1.         Meja 1          : Pendaftaran
2.         Meja 2          : Penimbangan
3.         Meja 3          : Pengisian Kartu Menuju Sehat
4.         Meja 4          : Penyuluhan Kesehatan pembarian oralit Vitamin A dan tablet besi
5.         Meja 5          : Pelayanan kesehatan yang meliputi imunisasi, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan, serta pelayanan keluarga berencana.
Untuk meja 1 sampai 4 dilaksanakan oleh petugas kesehatan. Sejak dicanangkan pada tahun 1984, penumbuhan jumlah posyandu sebagai berikut :

NO
TAHUN
JUMLAH
1.       
2.       
3.       
4.       
5.       
1990
1991
1992
1993
2003
244.382
251.815
242.255
233.061
245.154

Tabel 2.1: Pertumbuhan Jumlah Posyandu

Bila diperhitungkan bahwa tiap posyandu rata-rata mempunyai lima orang kader, maka jumlah kader aktif posyandu 5x245.154 = 1.255.770 orang kader .
Berikut ini sebagai salah satu contoh pemberdayaan masyarakat dalam kegiatan posbindu:
1.         Surveilans hipertensi
Setelah kader Posbindu dilatih, langkah selanjutnya adalah pelaksanaan surveilans. Yang dimaksud dengan surveilans adalah survey lapangan untuk mengumpulkan data tentang prevalensi hipertensi di masyarakat. Surveilans dilakukan oleh kader Posbindu yang telah diberikan pelatihan surveilans, dan data yang terkumpul diolah dan dianalisis bersama oleh kader, tokoh masyarakat, dan tenaga kesehatan. Instrumen surveilans berupa angket/kuesioner yang terlebih dahulu telah disiapkan oleh tim pengabdian masyarakat.
2.         Pembuatan peta kewaspadaan hipertensi
Data hasil surveilans dijadikan dasar untuk menyusun peta kewaspadaan hipertensi di komunitas. Peta ini sekaligus sebagai bukti dokumentasi hasil surveilans yang telah dilakukan dan diberi kode-kode khusus berdasarkan kesepakatan tim tentang kategori masyarakat dalam kaitannya dengan kewaspadaan hipertensi.
3.         Pemeriksaan tekanan darah secara rutin
Pemeriksaan tekanan darah secara rutin merupakan bagian dari pelayanan Posbindu. Namun demikian dalam kasus tertentu, pemeriksaan tekanan darah tidak dilakukan secara pasif (menunggu di Posbindu), tetapi justru dilakukan secara aktif dari rumah ke rumah (door to door) pada kelompok masyarakat yang memiliki faktor risiko dan kelompok lansia atau dikenal sebagai penemuan kasus hipertensi secara aktif (active case finding). Penemuan kasus secara aktif ini merupakan upaya penapisan (screening) kasus hipertensi di masyarakat sebagai salah satu upaya deteksi dini kasus hipertensi dan komplikasinya.
4.         Pelaksanaan senam jantung sehat dan senam lansia secara rutin
Kegiatan senam jantung sehat dan senam lansia juga merupakan bagian dari pelayanan Posbindu. Dalam konteks ini, pelaksanaan senam ini juga bukan saja diikuti oleh kelompok masyarakat berisiko atau kelompok lansia saja, tetapi juga bisa diikuti oleh seluruh elemen masyarakat. Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari upaya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah serta pengendalian salah faktor risiko hipertensi.
5.         Promosi kesehatan yang berkaitan dengan bahaya hipertensi
Promosi kesehatan adalah proses untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan kesehatannya. Program ini dirancang untuk membawa perubahan (perbaikan), baik dalam masyarakat itu sendiri, maupun dalam organisasi dan lingkungannya. Berdasarkan hal tersebut maka strategi promosi kesehatan yang akan dikembangkan dalam rangka pencegahan hipertensi adalah:
a.         Advokasi (advocacy)
Kegiatan ini ditujukan untuk para pembuat keputusan dan penentu kebijakan di tingkat kecamatan dan desa. Diharapkan melalui advokasi ini, semua aparatur pemerintahan di Desa Randobawa Ilir bisa memberikan dukungan, baik dukungan moral maupun material, terhadap kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya.
b.        Dukungan sosial (social support)
Kegiatan ini difokuskan bagi para tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada di Desa Randobawa Ilir. Diharapkan para tokoh masyarakat dan tokoh agama tersebut dapat menjembatani komunikasi antara pengelola program kesehatan dan masyarakat.
c.         Pemberdayaan masyarakat (empowerment)
Kegiatan ini diarahkan pada masyarakat langsung sebagai sasaran primer promosi kesehatan. Tujuannya adalah agar masyarakat memiliki kemampuan dalam memelihara dan meningkatkan derajat kesehatannya sendiri (self reliance in health). Bentuk kegiatannya lebih ditekankan pada penggerakkan masyarakat untuk kesehatan, dalam hal ini adalah pengelolaan Posbindu.
Ruang lingkup promosi kesehatan sendiri meliputi tatanan keluarga (rumah tangga) dan di fasilitas pelayanan kesehatan. Berdasarkan tingkat pelayanan kesehatan yang diberikan, promosi kesehatan yang dilakukan hanya berada pada level promosi kesehatan, perlindungan spesifik, serta diagnosis dini dan pengobatan segera.
Kegiatan promosi kesehatan pada setiap level tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
1)       Promosi kesehatan:
a)       Senam jantung sehat dan senam lansia
b)       Kampanye anti-rokok
c)        Penyuluhan gizi lansia
d)       Pelatihan pemeriksaan tekanan darah bagi keluarga lansia
2)       Pencegahan spesifik: Pemberian multivitamin bagi lansia, Diagnosis dini dan pengobatan segera:
3)       Pemeriksaan tekanan darah teratur bagi penderita hipertensi
4)       Pemeriksaan tanda-tanda komplikasi hipertensi (pemeriksaan protein urin, pemeriksaan neurologis, Dan lain-lain)
d.        Penyuluhan kesehatan tentang pencegahan & penatalaksanaan hipertensi
Penyuluhan kesehatan merupakan bagian dari strategi promosi kesehatan yang tujuannya memampukan masyarakat untuk dapat menghindari perilaku-perilaku yang berisiko meningkatkan kejadian hipertensi dan/atau melakukan tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah hipertensi pada masyarakat dan keluarga penderita hipertensi.
e.         Pelatihan pengukuran tekanan darah bagi keluarga lansia dan keluarga penderita hipertensi
Kegiatan ini juga ditujukan sebagai salah satu upaya memperpendek akses pelayanan kesehatan, khususnya bagi penderita hipertensi dalam melakukan pemantauan (monitoring) terhadap kondisi kesehatannya. Pada akhirnya setiap keluarga dari penderita hipertensi dapat melakukan pemantauan tekanan darah penderita hipertensi secara teratur, tanpa harus pergi ke Puskesmas yang memakan waktu dan biaya transportasi. Karena itu, ketersediaan tensimeter atau sphygmomanometer di Posbindu harus cukup sebagai antisipasi bagi kebutuhan terhadap pemantauan tekanan darah secara mandiri oleh keluarga penderita. Sudah barang tentu, anggota keluarga yang dilatih adalah mereka yang memenuhi syarat tertentu sehingga dimungkinkan mampu menguasai dalam mempraktikkan dan  menginterpretasikan hasil pengukuran tekanan darahnya.
f.          Pengumpulan dana sosial Tanggap Hipertensi
Kegiatan ini merupakan manifestasi nyata dari strategi gerakan masyarakat sebagai salah satu strategi promosi kesehatan. Dalam hal pengumpulan dana sosial maka dibutuhkan dukungan dari para pengambil keputusan di tingkat desa dan kecamatan, serta kesadaran dari masyarakat itu sendiri. Tentu dalam kondisi yang tidak mengikat, kegiatan ini bersifat fleksibel terutama ditujukan bagi kelompok masyarakat dengan tingkat kemampuan ekonomi menengah ke atas. Dana sosial ini ditujukan untuk membantu pembiayaan warga masyarakat yang mengalami komplikasi hipertensi sehingga membutuhkan pengobatan lebih kompleks atau rujukan ke rumah sakit.


BAB III
PENUTUP
A.        KESIMPULAN
Posbindu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan inisiatif dan kebutuhan masyarakat  itu sendiri, khususnya penduduk usia lanjut. Posbindu kependekan dari Pos Pembinaan Terpadu, program ini berbeda dengan Posyandu, karena Posbindu dikhususkan  untuk pembinaan para orang tua baik yang akan memasuki masa lansia maupun yang sudah memasuki lansia.
B.        SARAN
Pemahaman dan keahlian dalam aplikasi Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) merupakan salah satu cabang ilmu keperawatan yang harus dimiliki oleh tenaga kesehatan khususnya perawat agar dapat mengaplikasikannya serta berinovasi dalam pemberian asuhan keperawatan pada pasien. Ini akan mendukung profesionalisme dalam wewenang dan tanggung jawab perawat sebagai bagian dari tenaga medis yang memberikan pelayanan Asuhan Keperawatan secara komprehensif.

No comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search