SATUAN ACARA PENYULUHAN
A. Pengkajian
1. Faktor Predisposisi
a. Tn..E berumur 47 tahun, saat ini ia sedang menderita rematik. Tn. .E sebelumnya sudah berobat kepuskesmas.Tn..E menderita rematik sudah 7 bulan yang lalu.
Tn.E adalah suami dari Alm Ny.A Tn.E mendapat penghasilan dengan bekerja sebagai tani dengan penghasilan Rp.450.000 /bulan, pengeluaran yang dikeluarkan oleh keluarga Tn.E sebesar + Rp.330.000 /bulan. Penghasilan dan pengeluaran tersebut bisa bertambah dan berkurang sesuai kebutuhan.
b. Keadaan Fisik
Dari pemeriksaan fisik pada Tn. .E didapatkan hasil sebagai berikut :
TD : 140/80 mmHg
N : 82x/menit
R : 22x/menit
S : 360C
c. Kesiapan Belajar
d. Motivasi belajar
Motivasi belajar Tn. .E mengenai penyakit rematik cukup tinggi, Tn.E dan keluarga ingin mempelajari penyakit rematik karena ia ingin tahu mengenai penyebab penyakit rematik.
e. Kemampuan membaca
Tn. E mampu membaca dan menulis karena sekolah SD..
2. Faktor Penyuluhan
Mahasiswa yang memberikan pelayanan kepada keluarga yang menderita penyakit rematik telah memiliki keterampilan memberi penyuluhan kesehatan dengan baik karena telah sering dilakukan pelatihan untuk hal tersebut. Alat Bantu penyuluhan berupa leaflet, benda dan barang.
3. Faktor Penguat
Tn.E berpendidikan SD. Klien mau menerima pelayanan yang akan diberikan oleh petugas atau pemberi pelayanan kesehatan.
B. Diagnosa Keperawatan
Ketidaksanggupan keluarga mengenal masalah Rematik berhubungan dengan kurang pengetahuan keluarga tentang Rematik.
1. Tujuan pembelajaran
a. Tujuan umum
Setelah diberikan penyuluhan tentang penyakit Rematik, klien dan keluarga dapat mengetahui tentang penyakit Rematik .
b. Tujuan khusus
Setelah dilaksanakan pendidikan kesehatan, keluarga mampu mengetahui :
1) Pengertian Rematik.
2) Penyebab Rematik
3) Tanda dan gejala Rematik.
4) Faktor pencetus Rematik
5) Penatalaksanaan dan pengobatan
6) Diet makanan penyakit Rematik.
2. Materi belajar
a. Pengertian Rematik
b. Penyebab Rematik
c. Tanda dan gejala Rematik.
d. Faktor pencetus
e. Cara penatalaksanaan dan pengobatan Rematik.
f. Diet makanan Penyakit Rematik.
3. Metode belajar
- Metode diskusi dan tanya jawab
- Metode ini digunakan untuk penyampaian materi diatas
4. Alat Bantu belajar
Leaflet bersisi tentang pengertian, penyebab, tanda dan gejala, penatalaksanaan, pengobatan rematik dan diet untuk rematik.
5. Evaluasi belajar
Evaluasi belajar akan dilakukan selama proses belajar dan pada akhir proses pendidikan kesehatan, cara evaluasi akan dilakukan dengan menggunakan pertanyaan lisan, antara lain :
a. Jelaskan pengertian Rematik?
b. Sebutkan penyebab Rematik?
c. Sebutkan fakor pencetus
d. Sebutkan 3 dari 6 tanda dan gejala Rematik?
e. Sebutkan 3 dari 7 cara penatalaksanaan dan pengobatan Rematik?
f. Sebutkan diet untuk Rematik?
MATERI PENYULUHAN
A. Pengertian Rematik
Penyakit peradangan kronis yang menyebabkan nyeri pada sendi
B. Penyebab
Belum diketahui
C. Pencetus
1.Infeksi
2.Alergi
3.Stress
4. Kekuatan tubuh
D. Tanda dan Gejala
1. Kaku sendi pada pagi hari
2. Nyeri gerak/ nyeri ketika ditekan pada satu sendi atau lebih
3. Bengkak pada sendi
4. Gerakan berkurang
5. Lemah/kelemahan
6. kecapaian
E. Penatalaksanaan dan pengobatan
1. Sendi yang meradang diistirahatkan
2. Periode-periode istirahat setiap hari
3. Kompres panas dan dingin bergantian
4. Latihan gerak aktif dan pasif
5. Pengobatan dengan obat Steroid
7. pembedahan
F. Diet pada penderita Rematik
1. Beras, sebanyak 5 gelas nasi
2. Daging , sebanyak 2 potong kecil
3. Telur, sebanyak 1 butir
4. Tempe , sebanyak 2 potong kecil
5. Sayuran
6. buah
7. Minyak, 1 setengah sendok makan
8. Gula pasir, 2 setengah sendok makan
No comments:
Post a Comment