PESAN SEGERA

Dengan 50rb dapatkan : 1 ASKEP atau, 2 SAP+2Leaflet, atau 2 Artikel, atau 3 Askep Persentation dan Terima Pesanan

Sunday, February 24, 2013

Artikel Rhabdomyosarcoma

Kapevi Hatake | 4:15 PM |

RHABDOMYOSARCOMA

Definisi
Rhabdomyosarcoma adalah kanker ganas yang paling sering ditemukan pada anak-anak. Daerah yang paling umum diserang antara lain kepala, leher, saluran urogenital, lengan atau kaki. Penyebab Rhabdomyosarcoma tidak diketahui secara pasti. Tumor ini adalah tumor langka hanya terjadi dalam beberapa pasien. Beberapa anak dengan cacat lahir tertentu mengalami peningkatan risiko, dan beberapa keluarga memiliki mutasi gen yang memungkinkan risiko terserang kanker ini. Namun, sebagian besar anak-anak dengan rhabdomyosarcoma tidak memiliki faktor risiko yang diketahui.

Gejala
Gejala bervariasi tergantung pada lokasi tumor. Tumor di hidung atau tenggorokan dapat menyebabkan perdarahan, menelan masalah, atau masalah neurologis jika mereka menyebar ke otak. Tumor di vagina terlihat menonjol dari pembukaan vagina. Kandung kemih dan vagina tumor dapat menyebabkan kencing atau obstruksi usus. Tumor pada otot dapat muncul benjolan yang menyakitkan dan sering dianggap cedera. Namun, mereka tidak pergi, tetapi terus tumbuh, walaupun mereka mungkin tidak terus menyakitkan. Diagnosis rhabdomyosarcoma sering tertunda karena kurangnya gejala, dan karena tumor dapat muncul pada waktu yang sama seperti cedera baru-baru ini. Diagnosis dini sangat penting karena merupakan agresif rhabdomyosarcoma tumor yang menyebar dengan cepat.
Beberapa kelompok histologis yang berbeda memiliki makna prognostik, termasuk rhabdomyosarcoma embrional (Erms), yang terjadi pada 55pasien; varian botryoid dari Ermsyang terjadi pada 5pasien; rhabdomyosarcoma alveolar (ARMS), yang terjadi pada 20% pasien , dan dibedakan sarkoma (UDS), yang terjadi pada 20% pasien.

PatofisiologiTumor ini diyakini berasal dari sel otot primitif, namun tumor dapat terjadi di mana saja di tubuh, namun sebuah rhabdomyosarcoma tulang primer belum dilaporkan. Tempat yang paling umum adalah kepala dan leher (28%), ekstremitas (24%), dan genitourinari (GU) saluran (18%). Situs penting lainnya termasuk batang (11%), orbit (7%), dan retroperitoneum (6%). Rhabdomyosarcoma terjadi di tempat lain dalam waktu kurang dari 3% dari pasien. Varian botryoid dari Erms muncul dalam rongga mukosa, seperti kandung kemih, vagina, nasofaring, dan telinga tengah. Lesi pada ekstremitas yang paling mungkin untuk memiliki jenis alveolar histologi. Metastasis ditemukan terutama di paru-paru, sumsum tulang, tulang, kelenjar getah bening, payudara, dan otak. Seperti kebanyakan tumor masa kanak-kanak, penyebab rhabdomyosarcoma tidak diketahui. Varian alveolar dinamakan demikian karena tipis silang-persimpangan band berserat yang muncul sebagai ruang antara daerah seluler dari tumor (mengingatkan paru alveolus). Varian ini biasanya berhubungan dengan 1 dari 2 translokasi kromosom, yaitu, t (2; 13) atau t (1; 13). Ini menghasilkan fusi dari domain DNA-mengikat faktor transkripsi perkembangan neuromuskuler, dikodekan oleh PAX3 pada kromosom 2 atau PAX7 pada kromosom 1 [4], untuk domain aktivasi transkripsional faktor transkripsi yang relatif di mana-mana, FKHR (atau FOXO1a) , yang dikodekan pada kromosom 13. Translokasi kurang umum yang melibatkan gen PAX telah ditemukan dalam beberapa kasus yang jarang terjadi. [5]Molekul hibrida yang dihasilkan adalah suatu aktivator transkripsi kuat. Hal ini diyakini untuk berkontribusi pada fenotipe kanker dengan normal mengaktifkan atau menekan gen-gen lain. Subtipe embrional biasanya memiliki hilangnya heterozigositas di band 11p15.5; pengamatan ini menunjukkan adanya gen supresor tumor. Penyimpangan molekul lain yang dapat memberikan petunjuk untuk asal tumor dan yang mungkin berguna untuk strategi pengobatan di masa mendatang termasuk mutasi TP53 (yang terjadi pada sekitar satu setengah dari pasien), tingkat N-myc meningkat (pada 10% pasien dengan ARMS ), dan titik mutasi pada N-ras dan K-ras onkogen (biasanya embrional). Selain itu, tingkat pertumbuhan insulin faktor-2 mungkin meningkat, menunjukkan jalur yang melibatkan faktor pertumbuhan autokrin dan parakrin.

Epidemiologi
AmerikaSerikat
Kejadian adalah 6 kasus per 1.000.000 penduduk per tahun (sekitar 250 kasus) pada anak-anak dan remaja lebih muda dari 15 tahun.

Internasional
Tidak ada kecenderungan geografis penting adalah dilaporkan.
Mortalitas/Morbiditas Pada pasien dengan penyakit lokalkeseluruhan 5-tahun tingkat kelangsungan hidup telah meningkat lebih dari 80dengan penggunaan kombinasi operasiterapi radiasidan kemoterapi [7]. Namunpada pasien dengan penyakit metastasissedikit kemajuan telah dibuat dalam kelangsungan hidup tingkatdengan tingkat 5-tahun kelangsungan hidup acara bebas kurang dari 30%. Pasien dengan penyakit metastasis tanpa berisiko tinggi lainnya faktortermasuk situs yang tidak menguntungkanlebih dari 3 situs, keterlibatan sumsum tulangdan usia lebih muda dari 1 tahun atau lebih tua dari 10 tahunmemiliki prognosis yang lebih baik (503-acara bebas bertahan hidupdibandingkan dengan 3-4 faktor ini (12dan 53-kelangsungan hidup acara bebasmasing-masing) [8]. penggunaan dosis tinggi terapi myeloablative dengan sel induk autologus penyelamat belum membaik hasil untuk pasien[9].Dalam analisis data yang dikumpulkan oleh SurveillanceEpidemiologidan Hasil Akhir (SIER) Program, kematian sangat terkait dengan usia, situs, dan histologi[10] Kelangsungan hidup 5 tahun tertinggi pada anak usia 1-4 tahun (77%) dan terburuk pada bayi dan remaja (47dan 48%, masing-masing)Orbital dan situs GU adalah yang paling menguntungkan (86dan 80%, masing-masing)Situs menguntungkan termasuk tumor dari ekstremitas (50%), retroperitoneum (52%), dan batang (52%). Embrional histologi yang terbaik (67%) dibandingkan dengan alveolar histologi (49%). Kebanyakan pasien dengan kekambuhan lokal dapat disembuhkan dengan terapi penyelamatan, terutama jika kekambuhan adalah setelah terapi awal telah selesai.

Pengobatan
Pengobatan yang tepat tergantung pada lokasi dan jenis rhabdomyosarcoma. Tumor ini paling baik dirawat di pusat dengan pengalaman mengobati rhabdomyosarcoma. Secara umum, operasi dan terapi radiasi digunakan untuk mengobati daerah yang terserang tumor, sedangkan kemoterapi digunakan untuk mengobati penyakit di semua bagian dalam tubuh. Kemoterapi adalah bagian penting dari perawatan untuk mencegah penyebaran kanker. Banyak obat kemoterapi yang berbeda aktif terhadap rhabdomyosarcoma.

No comments:

Post a Comment

DUNIA KEPERAWATAN. Powered by Blogger.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

Exit Jangan Lupa Klik Like & Follow Ya!!