PESAN SEGERA

Dengan 50rb dapatkan : 1 ASKEP atau, 2 SAP+2Leaflet, atau 2 Artikel, atau 3 Askep Persentation dan Terima Pesanan

Friday, February 22, 2013

Transkip Verbatim Hasil Wawancara Jiwa Perilaku Kekerasan

Kapevi Hatake | 2:30 PM |

Transkip Verbatim Hasil Wawancara
PENGETAHUAN ORANG TUA MENGENAI PERILAKU KEKERASAN
TERHADAP ANAK DI DESA BABAKAN
KECAMATAN CISAAT KABUPATEN
SUKABUMI

No

Tujuan Khusus
Verbatim
Kata Kunci
1.
Diketahuinya Pengetahuan Orang Tua Mengenai Pengertian Perilaku Kekerasan Terhadap Anak

P. 1
“Ini teh anaknya sering nakal gitu kan sering main, kadang jajan jajan mulu…jajaaan mulu……kan suka pusing kitunya. He’euh…
he’eumm…dipukul kitu he’euh, teras dicubit, he’euh…”.




P. 2
“Ari galak mah panginten sok nyeseulan kamurangkalih teh nya, ngebot, mukul, mukul sareng arogan kitu, itu nateh jadi pukulan jadi euh……lamun ceuk bahasa eta namah galak, galakna sampe euh…naon teh pake istilah apa teh…ringan tangan, he’euh……
Muhun…
Osok galak, paling ari eta mah paling nyubit kitu, mukul mukul, mukul sawajarna, tong keterlaluan”.

P. 3
“Galak Kamana? Ka murangkalih kitu? Ari galak teh maksudna abdi mah ngadidik kitu, upami galak teh kitu. Sanes kunanaon galak kumaha paling ge upami murangkalih nyarios, nya misalna rada kasarlah di iyeu…nya di iyeu kitu disentak, he’euh..
Muhun…”.


P. 4
“Menurut saya kekerasan itu euh……kekerasan itu kan ada 2 yah, menurut saya nih yah, kekerasan secara apa…nasehat...euh…yang ke 2 kekerasan secara fisik. Iya gitu…
Iyah…”.

P. 5
“Supados supaya ngertos kitu, murangkalihna ameh nurut.
Osok negorlah kitu, muhun…
Paling nyentak kitu, muhun...”.

P. 6
Dijiwir, muhun, diciwit, digebot.
Sok nyiwit, muhun, henteu kasar mah…”.



P. 7
“Muhun…heuheu… osok mabuk, nyentak panginten.
Muhun…”.

P. 8
“Yang saya tau perilaku kekerasan yah, perilaku kekerasan biasanya kalau di rumah tangga yah mungkin ada 2, kalau menurut saya itu ada 2, 2 apa, 2 perbedaan. Satu secara fisik, yang kedua non fisik. Contohnya kalau fisik jelas yah cubitan, nah itu juga salah satunya, mukul dan sebagainya. Kalau yang non fisik lewat kata-kata, lewat bentakan, lewat euh…apalagi, lewat kekerasan dengan kata-kata yah, itu mungkin perilaku kekerasan menurut saya di dalam rumah tangga. 2 aja”.

P. 9
“Galak teh upami aya anu ngagebot”.


P. 10
“Galak teh upami murangkalihna bandel, muhun…
Teu ngawaro kitu…”.

P. 11
“Kalau kekerasan ma anak ya…kadang saya suka pukul gitu…yah, kalau dia bandel, nakal, gitu yah, gak nurut pukul…tapi kalau nurut sih yah gak saya pukul tapi kalau saya suruh ke warung gak mau yaudah saya pukul juga, heuheu…”.

P. 12
Galak teh suka mukul, he’eum… suka ngebentak-bentak, nah gitu itu udah galak namanya”.

P. 13
“Kasar kitu? Muhun… nyariosna kasar, heuheu…”.


P. 14
“Galak? keheul mereunnya, kesel kitu janten galak”.

P. 15
“Galak teh sok kitu ka murangkalih bubak babuk kitu, muhun… ah tara ibu mah sok paling oge itu ngababuk hungkul atawa sok eta kitu ngabentak kitu “.


Di pukul.
Dicubit.








Nyeseulan (memarahi).
Ngebot (mukul).
Ringan tangan.
Nyubit.






Disentak (dibentak).








Kekerasan nasehat.
Kekerasan fisik.





Negor (negur).
Nyentak (membentak).




Dijiwir (dijewer).
Diciwit (dicubit).
Digebot (dipukul).



Mabuk (mukul).
Nyentak (membentak).


Fisik: cubitan, mukul.

Non fisik : lewat kata-kata, bentakan.







Ngagebot (memukul).



Bandel



Pukul (mukul).






Mukul.
Ngebentak-bentak.


Nyariosna kasar (bicaranya kasar).


Keheul
Kesel

Bubak babuk (mukul-mukul).
Ngababuk (memukul).
Ngabentak (membentak).

2.
Diketahuinya Pengetahuan Orang Tua Mengenai Jenis-jenis Kekerasan Terhadap Anak

P. 1
Dicubit, euh……dimarahi, kedah dicubit, kedah dimarahi, kedah oge dipukul kitu, he’euh...kalau anaknya nakal, kalau gak nakal mah ya buat apa dipukul gitu. Heuheu…”.

P. 2
“Ari ku ibu terang mah anu ku ibu sok taeun ka murangkalih mah supaya rada sieuneun teh nyaeta paling dicubit, dipelototin kitu…paling di pelotottin, paling di…di ini…di apa, dipukul pelan kitu… maksudna teh supaya nurut kitu”.

P. 3
“Ari galak, ari…maksudna galak ngebotan tah eta mah mereun teu kengeng mereun kitu, paling mereunan abdi mah nyentak lah kitu… muhun…
Kadang sih bahasa kasar upami keseeel kitu, tos keseeel kitu kan karena murangkalih teh pan sok aya bangorna kitu jadi kadang mah disentak we, heuheu…ameh rada iyeu lah kitu, nu iyeu naon teh kadang kesel kitunya, sok iyeu kitu…”.

P. 4
“Kekerasan misalnya euh…memukul anak, iyah… memukul anak sebetulnya sih gak boleh yah memukul anak, he’euh…
Enggak sih kayaknya gak harus memukul aja misalkan dengan apa, apa yah susah ngejelasinnya, ngejewer gitu, terus membentak juga, he’euh…”.

P. 5
“Osok, paling nyentak kitu, muhun…
Mukul mah da jarang
Henteu…
Henteu…
Upami ngagebot, nya galak. Kan sok kadang teh “mamah mah galak” cenah, mukul oge cenah tah, padahal mah enggak kitu.
Paling oge negor kitu, muhun…”.

P. 6
“Galak kos kumaha nya? Ngajiwir, heuheu…
Ngagebot, he’eum… nyiwit, muhun, kitu panginten
Muhun…”.



P. 7
“Osok di babuk galak mah panginten sok…he’euh di sentak kitu panginten…”.

P. 8
“He’eummm…yang saya tadi bilang berdasarkan tadi yang sepengetahuan saya tadi 2 tea yah, kalau yang non fisik: omelan, bentakkan, eum…terus mungkin yah caci maki, he’euh yah…
Kalau sampai ke hujatan dan sebagainya itu mah yang lebih-lebih parahnya lagi mungkin yah. Terus kalau yang fisik, ya kalau yang fisik udah jelas mereun yang sampe tahap kalau yang…yang saya tau dan saya rasakan kalau di rumah tangga mah jangan sampai ke arah kriminal mereunnya, mudah-mudahan… yang mungkin hanya cubitan, bentakkan, pukulan dan sebagainya mah secara fisik mah tong sampe ka yang kriminal banget deh gitu yang saya tau sih mudah-mudahan. Ya gitu aja mungkin…”.
P. 9
“Galak teh upami galak…upami galak, galak kana eta mah awon, tapi upami nyaah mah ngadidik sae kitu…
Muhun…da galak tina pendidikannana, upami nyalutak tea mah upami alim ngaosna alim di ajar kana agama kana naon kedah urang teh kedah galak kitu”.

P. 10
“Abdi mah sok nyiwit, mukul, upami kesel-kesel teuing.
Henteu…teu aya…muhun…
atanapi sok di singsieunan kitu, muhun…”.


P. 11
“Kalau mukul yah palingan nyubit pantatnya, gak mungkin cubit sgalanya yaaah enggak, cubit pantat atau gebuk pantatnya, gitu doang…
Pernah sih kelepasan gitu yah, kelepasan tangan gitu yah saya pukul palanya, bapaknya marah, jangan sampe kamu pukul palanya takut jadi…jadi…                                                 nantinya karena terjadi…                         ya enggak saya teh, paling gebuk pantatnya. Pernah sekali doang…”.

P. 12
“Galak teh misalnya, yah misalnya itu yang tadi itu mukul gitu kan galak, galak juga, he’euh…
Kan mukul-mukul itu namanya kan galak, trus kan ngebentak juga kan, tapi ngebentak juga ada yang baiknya ada yang jeleknya.. he’eum…”

P. 13
“Heuheu…kumaha nya ibu mah tara galak, teu tiasa galak kitu upami teu lepat mah, teu galak”.

P. 14
“Paling nyentak kitu, muhun…
Teu sih nyentak hungkul abdi mah tara ngagebot kitu mah tara“.

P. 15
“Ah ibu mah paling oge kitu tah mabuk palinganna, mabuk ge kana pean hungkul kitu…
Muhun…eta weh eta ngabentak kitu”.


Di cubit.
Dimarahi.
Dipukul.



Dicubit.
Dipelototin.
Dipukul pelan.




Nyentak (membentak).
Bahasa kasar (berbahasa kasar).
Disentak (dibentak).






Memukul.
Ngejewer (menjewer).
Membentak.





Nyentak (membentak).
Ngagebot (memukul).
Mukul.
Negor (negur).






Ngajiwir (menjewer).
Ngagebot (memukul).
Nyiwit (mencubit).




Dibabuk (dipukul).
Disentak (dibentak).


Non fisik:
Omelan, bentakkan, caci maki.

Fisik : cubitan, pukulan.












-




Nyiwit (nyubit).
Mukul.
Di singsieunan (ditakut-takuti).


Nyubit pantatnya.
Gebuk pantatnya (mukul pantatnya).
Pukul palanya (mukul kepalanya).





Mukul.
Ngebentak (membentak).





-



Nyentak (membentak).




Mabuk pean (mukul/memukul kaki).
Ngabentak (membentak).

3.
Diketahuinya Pengetahuan Orang Tua Mengenai Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Kekerasan Terhadap Anak

P. 1
“Nya murangkalihna nakal wae, kadang euh……lagi datang ogo kitu. Kalau lagi beranteummm gitu, kan anak 2 mah gini semuanya selalu berantem…
Kan kalau 2 mah ada temennya, kalau satu mah kalau satu gak ada, gak ada kerumah neneknya dieummm gak nakal !!, kalau 2 mah beranteum.
kalau ada temennya gitu…”

P. 2
“Biasana mah sok anak na teh jadi kalau dibilangin suka ngeyel nya, apalagi anak sekarang mah meureunan sok kesel kitu lah, jadi lamun istilah na mah meureunan ari…ngaliyed kitu lah, he’euh…kalau gak bisa dibilangin pake kata-kata biasanya kan suka gak nurut, baru…baru dipelototin, dipelototin gak nurut baru dicubit, kalau dicubit gak nurut baru dipukul… pantatna…gak boleh kepala, gak boleh itu… Pantat”.

P. 3
“Ari abdi mah biasana kesel lamun murangkalihna teu ngawaro kitu. Enya…
Ari abdi mah ah henteu sih ari kitu mah ah, terkadang nya naon teh ari masalah ekonomi mah terkadang  ah da urang teh da nya tos kieu, kumaha deui kitu, jadi entos we abdi mah paling oge nya da lamun teu ngawaro alim ngerjakeun PR ka murangkalih teh nembe da PAUD kan nya anu ageung mah, muhun… lamun anu alit iyeu paling oge teu daek cicing, kitu we sok di iyeu lah kitu tapi tara ari digebot paling iyeu mah tara, ayeuna anu ageung pan paling nyariosna pan sok aya nya di lembur kieu mah geningan aya “babab” kitu lah nya jadi pan ka abdi na teh “gak boleh” kitu nya sok rada iyeu kitu paling oge anu iyeu mah rada naon sih sok nangis anu iyeu mah, muhun…anu rada ageung mah kitu upami di kitu, di sentak oge sok rada “ngeng” weh, nangis sieun kitu…
karena emang mereunan aya sih euh…naon teh anu dina TV dinu kitu mah faktor ekonomi nya sok galak teh ambek ka budak, di lampiaskeun. Kadang bapakna bobogohan deui nya, di lampiaskeun ka budak ari iyeu mah kan, ari urang mah pan saukur galak teh saukur ku ucapan kitu, iyah…”.

P. 4
“Kalau saya yah, menurut saya karena seseorang itu biasa sih  atuh da saya mah gak pernah mukul paling ngebentak, sering…ngebentak sering, misalkan dia melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan kita misalnya, euh…dari bangun aja kita dia pengennya bangun jam 5 dia kesiangan terus dia juga kalau dia pulang sekolah lambat, lambat itu padahal dia disekolahnya banyak kegiatan, “kenapa pulang sekolah lambat?” ada les dulu ada apa dulu, saya khawatir kan, orang tua mah khawatir yah apalagi perempuan jangan kemana-mana dulu, “les bu” katanya gitu… kalau menurut saya.
Iyah betul… iyah iyah betul…
Euh…faktor ekonomi apalagi neng, terutama faktor ekonomi, biasanya seperti itu yah, sekarang mah gini yah euh…!! Ayahnya misalkan menganggur, gak kerja, sementara kan anak harus jajan, makan, biasanya pelampiasannya ke anak, biasanya emang gitu sih…
Aduh…susah eung cara ngejelasinnya, maksudnya juga kekerasan misalnya apa yah itu namanya yah aduh…lupa lagi apa itu teh…ya allah, tah misalkan bertolak belakang, orang tua mah begini, menerapkan disiplin gitu…sebetulnya orang tua menerapkan disiplin karena mungkin euh…anak-anak mah kan sekarang pergaulannya bebas yah, udah tau, apalagi udah di sekolah trus apalagi ibu misalkan udah punya anak SMA menurut dia mah misalkan itu teh keras padahal mah kita mah enggak, “ kamu harus disiplin gak boleh begitu”, pokonya misalkan penerapannya terlalu keras mungkin. Bisa juga itu kekerasan”.

P. 5
Teu ngawaro, heuheu… muhun… paling kalau disuruh belajar kitu gak mau kan pasti kesel kitu.
Keseeel… he’euh… gak mau nurut mah pan pasti kesel mereunan gitu”.

P. 6
“Euh…euh… naon teh, nakal, teu tiasa di ieu, teu tiasa diwageul, sesah, he’euh, jengkel, euh…macem…heuheu…muhun…
Osok…heuheu…upami sesah di iyeu geningan, hoyong…ari jajan mah gampil sok nyandak tinggal nyandak, upami dipiwarang ngerjakeun PR sesah, osok ieu weh sok nangisn kalakah nangis…”.
P. 7
Kesel, muhun… Muhun…”.

P. 8
“Kalau di rumah tangga PEWE, biasanya yah kalau gak kesel, ada sebabnya keselnya kenapa, biasanya keselnya itu bukan karena anak, biasanya keselnya di luar, kebanyakan. Kalau kesel pada anak mah terbatas, anak paling ngomel apa dan sebagainya, membantah, atau gak nurut mereunnya, sebatas euh…apa, wajar kalau anak, tapi kalau sudah di luar lingkungan anak masalahnya seperti ada masalah keluarga, ekonomi, ataupun euh…lingkungan sekitar yang bisa…bisa menjadikan satu faktor untuk menyebabkan salah satunya itu, jadi saya fikir penyebabnya diluar dan di dalam, kalau dalam diri anak kita bisa toleransi deh, yah namanya juga anak-anak gitu yah, tapi kalau di luar emang itu tergantung kita, karena euh…orang tua juga satu mungkin penyebab yah, yang paling banyak sih ekonomi, kelihatannya ekonomi, kalau yang nampak yah, kalau sosial budaya trus yah tetangga, anak, semua bisa kita meminimalisir lah yah penyebabnya, itu mungkin”.

P. 9
Jengkel, murangkalihna anu nakal, upami nurut mah henteu, moal galak.
Kadang-kadang karena ekonomi”.

P. 10
“Karena keseeel, henteu…
Upami kesel mah sok galak lah, muhun, upami tos teu dipiwarang teu…teu…teu ngawaro kucariosan”.

P. 11
“Yah sebabnya gini misalnya saya suruh sekolah tiap jam siang lah gitu yah berangkat, pokonya dia suka bandel suka di uber sama saya, he’euh…kadang gak mau sekolah yah kadang saya tarik saya suruh mandi.
Kesel sama anak, enggak ada…enggak…enggak. Saya kesel sama suami ya gak kesel sama anak gitu, saya pergi misalnya”.

P. 12
“Itu teh sok jadi kumaha nya, jadi kumaha…janten pusing kitu, pusing tah kitu, muhun janten sok ngabarerang kitu nya, tah kitu…muhun…tah kitu…disebatna.
Pusing, murangkalihna upami disuruh kitu teh janteun teu ngawaro jadi sok pusing ka ibu na teh, tah kitu. Upami disuruh gini dia maunya gini aja, jadi kan ibu pasti ngebentak, kadang-kadang makan susah di bentak juga “makan dulu” gitu kan nanti masuk angin”.

P. 13
“Nya upami murangkalihna bandel kitu…teu ngawaro pasti galak”.

P. 14
“Karena kesel mereunnya, he’euh…kesel…he’euh…”.

P. 15
Kesel we murangkalihna sok eta we ka ibu tara ngawaro kitu, muhun…
Enya ari kesel mah galak we da teu eucreug eta mah murangkalihna kitu”.

Nakal.
Datang ogo (mulai manja).






Suka ngeyel.
Ngaliyeud (susah di atur).







Teu ngawaro (tidak menurut).
Alim ngerjakeun PR (tidak mau mengerjakan PR).
Teu daek cicing (tidak mau diam).
Nyariosna
aya “babab” (bicaranya ada “babab”).
Faktor ekonomi.

Bapakna bobogohan deui (bapaknya pacaran lagi).










Melakukan hal-hal yang tidak sesuai.

Kesiangan (Tidak bisa manaje waktu).

Pulang sekolah lambat.
Faktor ekonomi.

Ayahnya misalkan menganggur.

Bertolak belakang.



















Teu ngawaro (tidak menurut).
Belajar gak mau.
Gak mau nurut.


Nakal.
Teu tiasa diwageul (tidak bisa di ganggu).
Sesah (susah).
Jengkel.
Ngerjakeun PR sesah (mengerjakan PR susah).

Kesel.


Penyebabnya diluar dan di dalam.
Orang tua.
Ekonomi.

















Jengkel.
nakal (anaknya yang nakal).
Ekonomi.

Karena keseeel.
Teu ngawaro kucariosan. (gak mau menurut dengan pembicaraan).

Bandel.
Gak mau sekolah.
Kesel sama anak.
Kesel sama suami.





Pusing.
Ngabarerang (marah ke orang-orang sekitar).
Teu ngawaro (tidak menurut).
Makan susah.





Bandel.
Teu ngawaro (tidak menurut).

Kesel.


Kesel.
Tara ngawaro (gak pernah menurut).
Teu eucreug murangkalihna (enggak bener anaknya).





No comments:

Post a Comment

DUNIA KEPERAWATAN. Powered by Blogger.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

Exit Jangan Lupa Klik Like & Follow Ya!!