PESAN SEGERA

Dengan 50rb dapatkan : 1 ASKEP atau, 2 SAP+2Leaflet, atau 2 Artikel, atau 3 Askep Persentation dan Terima Pesanan

Friday, February 22, 2013

BAB III : Metode Penelitian jiwa Perilaku Kekerasan

Kapevi Hatake | 10:56 PM |

BAB III
METODE PENELITIAN

A.    Rancangan Penelitian
Jenis penelitian yang di gunakan adalah Kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Fenomenologi adalah ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk menjelaskan suatu fenomena/penampakkan sesuatu yang merupakan pengalaman hidup (Strubert and Carpenter, 1999). Rancangan dasarnya merencanakan suatu kegiatan sebelum dilaksanakan. Kegiatan merencanakan itu mencakup komponen-komponen yang akan di persiapkan itu masih bersifat sebagai kemungkinan (Moleong, 2000:236). Melalui metode ini diharapkan dapat mengetahui Pengetahuan Orang Tua Mengenai Perilaku Kekerasan  Terhadap Anak Di Desa Babakan Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi.
B.     Variable Penelitian
Variabel dalam penelitian ini adalah Pengetahuan Orang Tua Mengenai Perilaku Kekerasan Terhadap Anak.
C.    Pengembangan Data
Pengambilan sample dilakukan dengan memilih teknik purfoseful sampling. Dimetode sampling ini memilih individu-individu untuk berpartisipasi dalam penelitian sesuai dengan pengetahuan mereka mengenai tujuan dari berbagai pengetahuan tersebut (Strubert and Carpenter, 1999). Partisipan yang dipilih adalah ibu rumah tangga yang sudah memiliki anak.
Pemilihan sample dilakukan untuk memilih partisipan yang akan diteliti, penulis melakukan kontak dengan partisipan untuk membuat perjanjian wawancara. Pada saat wawancara pertama penulis melakukan informed consent dan meminta ijin untuk menggunakan tape-recorder selama wawancara berlangsung. Penulis akan melakukan latihan dalam menggunakan instrument untuk mengumpulkan data karena penulis sendiri merupakan alat untuk mengumpulkan data.
Jumlah partisipan yang akan terlibat dalam penelitian ini di tentukan berdasarkan saturasi data yang diperoleh. Saturasi adalah apabila terjadi pengulangan informasi yang sama terhadap satu pertanyaan (Morse, 1994 dalam Strubert and Carpenter, 1999).
D.    Waktu dan Tempat
1.      Lokasi penelitian
      Lokasi yang di pilih untuk penelitian adalah Di Desa Babakan Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. Di laksanakan di masing-masing rumah partisipan, partisipan yang dimaksud adalah ibu rumah tangga yang sudah memiliki anak.
2.      Waktu penelitian
Penelitian ini dilakukan pada minggu ke empat bulan september 2011. Adapun lama penelitian ini, dilakukan selama 4 hari. Dan dilakukan dalam waktu senggang keluarga sesuai dengan kontrak.


E.     Etika Penelitian
         Menurut Alimul Aziz, (2007), dalam melakukan penelitian, penulis perlu mendapatkan rekomendasi dari institusi dengan mengajukan permohonan izin kepada institusi yang bersangkutan setelah mendapatkan persetujuan barulah penulis melakukan penelitian dengan menekankan masalah etika yang meliputi :
1.      Imformed Consent
Setelah dilakukan penjelasan mengenai tujuan serta maksud penelitian yang akan dilakukan, maka penulis menyerahkan lembar permohonan menjadi partisipan sebagai permintaan penulis untuk menjadi partisipan.
2.      Anomimity (tanpa nama)
Untuk menjaga kerahasiaan penulis tidak akan mencantumkan nama  partisipan, tetapi hanya memberikan kode sebagai tanda inisial menjadi partisispan. Adapun inisial nama pada lembar isntrumen bentuk daftar pertanyaan wawancara hanya untuk memudahkan dalam tabulasi agar tidak tertukar. Pada saat data di publikasikan nama tersebut hanya di beri inisial partisipan.
3.      Confidentiality (kerahasiaan)
Semua informasi yang telah dikumpulkan dijamin kerahasiaannya oleh penulis, hanya kelompok data tertentu yang akan dilaporkan pada hasil penelitian dan data yang sudah tidak dibutuhkan lagi maka seluruhnya data akan dimusnahkan.


F.   Prosedur Pengelolaan Data
Penulis menggunakan teknik wawancara terbuka tape recorder dan transkip verbatim untuk meningkatkan validitas pengumpulan data. Setelah wawancara peneliti mendengarkan rekaman untuk mengecek interview yang telah berlangsung sebagaimana yang diharapkan tujuan penelitian dan untuk mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan wawancara akan data yang diambil selama wawancara.
G.    Analisa Data
Tujuan analisis data adalah untuk menampilkan keunikan pengalaman hidup partisipan Banonis, (1989) dalam Strubert dan Carpenter, (1999).
Langkah-langkah dalam analisis  data meliputi :
1.      Mendengarkan penjelasan verbal dari partisipan dalam rekaman selama wawancara berlangsung.
2.      Menuliskan transkrip verbatim sebagaimana didengar dari hasil rekaman.
3.      Membaca ulang transkrip  verbatim sambil membandingkan dengan hasil rekaman wawancara.
4.      Mengelompokkan hasil jawaban  partisipan, jawaban berdasarkan jenis pertanyaan.
5.      Mengidentifikasi kata kunci dari pernyataan setiap partisipan.
6.      Membuat kategori dari kata kunci yang teridenfikasi.
7.      Mendapatkan tema dari setiap kategori


H.    Trustworthiness
Validitas penelitian kualitatif ditentukan melalui perhatian penulis untuk melakukan konfirmasi terhadap informasi yang disebutkan. Unsur-unsur yang harus diperhatikan meliputi: Credibility, Dependenbility, Confirmability, dan Transperability.
1.      Credibility
Credibility mencakup aktivitas yang dimungkinkan bahwa temuan dalam penelitian dapat dipertanggung jawabkan. Cara untuk mempertahankan credibility dengan menjalin hubungan saling percaya, hal yang dilakukan dengan konfirmasi ulang.
2.      Dependenbility
Dependenbility ini dapat dicapai apabila temuan yang dapat di pertanggung jawabkan  telah diperoleh. Hal ini dapat dilakukan untuk mengetahui seberapa konsisten partisipan terhadap informasi yang diberikan.
3.      Confirmability adalah cara penulis untuk mengkonfirmasi kesesuaian temuan dalam penelitian ini dengan penelitian-penelitian lain atau teori-teori yang sudah ada.
4.      Transperability adalah kemungkinan temuan dalam study ini bermakna bagi orang lain dalam situasi yang sama.
               

No comments:

Post a Comment

DUNIA KEPERAWATAN. Powered by Blogger.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

Exit Jangan Lupa Klik Like & Follow Ya!!